Kompas.com - 22/09/2021, 17:30 WIB
Salah satu contoh bangunan rendah karbon di Swiss DezeenSalah satu contoh bangunan rendah karbon di Swiss

JAKARTA, KOMPAS.com - Perubahan iklim tengah memantik perhatian dunia, termasuk Indonesia. Ancamannya kian hari semakin nyata.

Oleh sebab itu, rasanya diperlukan terobosan bangunan rendah karbon agar masyarakat lebih bisa bertahan dalam situasi ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu dilaporkan Jared Green seorang penulis buku berjudul 'Good Energy: Renewable Power and the Design of Everyday Life'.

Melansir Archdaily, Jared Green mengatakan, laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) baru-baru ini menyatakan, pemanasan global 1,5 derajat celsius rasanya tidak dapat dihindari dalam beberapa dekade mendatang.

"Pertanyaannya sekarang adalah apakah dunia dapat mencegah lebih lanjut pemanasan yang lebih merusak sebesar 2 derajat celsius atau, lebih buruk lagi 3 derajat celsius? Mengingat kebijakan saat ini menempatkan kita pada jalur untuk mengalaminya," kata Jared.

Baca juga: Membangun Penjara Berkonsep Green Building, Solusi Manusiawi untuk Para Napi

Sebab secara global, bangunan menyumbang hampir 40 persen dari emisi gas rumah kaca. Sehingga untuk menjaga pemanasan hingga 1,5 derajat celsius, perlu memperbaiki bangunan yang ada menjadi zero karbon.

"Tentu dalam hal penggunaan energinya jauh sebelum tahun 2050 dan membangun semua bangunan baru untuk memenuhi standar net zero yang baru pada tahun 2030," tandasnya.

Saat ini di negara maju, masih jauh dan kurang dari 1 persen bangunan dirancang dan dibangun dengan standar zero karbon. 

Meski kini The State of California dan European Commission telah diamanatkan net zero bangunan. Diharapkan dapat menambah ratusan ribu bangunan baru pada tahun-tahun mendatang.

Namun, masih banyak lagi pemerintah di semua tingkatan yang perlu bergabung dalam upaya tersebut dan meningkatkan komitmennya. Termasuk arsitek, pengembang komersial dan residensial, pembangun rumah, dan produsen produk bangunan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.