Kompas.com - 22/09/2021, 14:30 WIB
Acara pemancangan tiang pertama SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Senin (21/09/2021). Dok. PT PP (Persero) Tbk.Acara pemancangan tiang pertama SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Senin (21/09/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PP (Persero) Tbk melalui anak dan cucu usahanya, PT PP Infrastruktur dan PT PP Tirta Riau mulai membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini dilaksanakan menyusul telah dilakukan pemancangan tiang pertama SPAM tersebut di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Senin (20/09/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemancangan tiang ini merupakan proses awalnya dimulainya tahap konstruksi pembangunan SPAM dengan nilai investasi Rp 2 triliun tersebut.

Melalui pembangunan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar ini diharapkan air minum air minumnya akan mengalir secara bertahap ke rumah pelanggan pada akhir tahun 2022.

Direktur Operasi PP Infrastruktur Satya Priyambodo mengatakan, pembangunan instalasi unit produksi direncanakan berlangsung dalam dua tahap dengan total kapasitas sebesar 1.000 liter per detik (lpd).

Baca juga: Terkoneksi Bendungan Way Sekampung, Proyek SPAM Bandar Lampung Dikebut

"Pembangunannya ini (sesuai) dengan hasil keluaran standar kualitas air minum Peraturan Menteri (Permen) Kesehatan serta pelayanan 24 jam per hari," kata Satya dalam siaran pers, Selasa (21/9/2021).

Sedangkan pembangunan jaringan pipa akan dilaksanakan dalam empat tahap yang direncanakan melayani kebutuhan pelanggan rumah tangga maupun non-rumah tangga di wilayah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Corporate Secretary PP Yuyus Juarsa mengungkapkan, SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan melayani kurang lebih 624.000 jiwa atau sekitar 102.000 sambungan rumah (SR) di lima kecamatan.

Kelimanya adalah Kecamatan Tampan, Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Marpoyan Damai, Kecamatan Siak Hulu, serta Kecamatan Tambang.

"Dengan peningkatan cakupan layanan dari sebelumnya 0 persen di area pelayanan menjadi
55 persen di area greenfields," ujar Yuyus.

Yuyus mengungkapkan, sumber air baku yang akan digunakan di daerah tersebut berasal dari Sungai Kampar.

Selain investasi unit produksi lingkup hulu dan distribusi di hilir, PP Tirta Riau akan
mendukung Perumdam Tirta Siak dan Perumdam Tirta Kampar dalam bentuk perencanaan dan pendampingan manajemen.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja mereka dalam melaksanakan kegiatan air minum bagi kebutuhan pelanggan di wilayah kerja sama, baik dari segi kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.