Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

November Kampus UIII Depok Bisa Digunakan, Begini Progresnya

Kompas.com - 22/09/2021, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan tahap II Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok telah memasuki penyelesaian dan bisa mulai digunakan November mendatang.

Perlu diketahui, Pembangunan tahap II UII meliputi gedung perpustakaan, masjid kampus, dan apartemen mahasiswi. Total anggarannya senilai Rp 375,7 miliar dengan lingkup pengerjaan terbagi dua.

PT PP (Persero) Tbk mengerjakan gedung perpustakaan dan masjid kampus dengan anggaran senilai Rp 279,9 miliar. Progresnya sudah 100 persen dan menyisakan finishing.

Sementara apartemen mahasiswi digarap oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan alokasi anggaran senilai Rp. 120,7 miliar. Pengerjaannya juga telah rampung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menekankan pentingnya aspek protokol kesehatan dalam rancang bangun gedung.

Baca juga: Basuki Puji PP Hebat, Pembangunan Kampus UIII Depok Memuaskan

Di antaranya terkait sirkulasi udara, pengaturan kapasitas maksimal ruangan, dan kemudahan dalam membersihkan ruangan, seiring kondisi pandemi Covid-19.

"Terlebih gedung perpustakaan tempat berkumpul orang banyak, minimal di pintu depan masuk, dan bagian belakang gedung ada sirkulasi udara yang baik, tolong disesuaikan saat penyelesaian akhir," katanya saat meninjau lokasi dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Selain itu, dia juga berpesan agar penataan kursi seperti di auditorium gedung Fakultas A diberi jarak sekitar satu meter.

Selanjutnya aspek protokol kesehatan seperti pengaturan jarak dan sirkulasi udara yang baik harus diterapkan langsung di gedung fakultas lain yang akan dibangun.

Kepala Aset dan BMN UIII Syafrizal mengatakan, mulai 20 September 2021 Kampus UIII telah menerima pendaftaran mahasiswa baru untuk selanjutnya akan dilaksanakan perkuliahan secara daring terlebih dulu.

"Kuliah daring direncanakan mulai Oktober 2021 dan pada 30 November 2021 rencananya gedung rektorat sudah mulai operasi untuk kerja pegawai," terangnya.

Seperti diketahui, pembangunan tahap I Kampus UIII Depok dikerjakan oleh Kementerian Agama RI dengan dana Rp 670 miliar. Salah satu bagiannya yakni gedung Fakultas A.

Sementara Kementerian PUPR mengerjakan pembangunan tahap II dengan anggaran Rp 375,7 miliar.

Meliputi gedung perpustakaan pusat 8 lantai seluas 16.556 meter persegi dengan kapasitas pengunjung 1000 orang dan masjid kampus 2 lantai seluas 5.002 meter persegi dengan kapasitas tampung 1.880 jamaah.

Kemudian, apartemen mahasiswi Blok I seluas 12.615 meter persegi yang terdiri dari 8 lantai dengan jumlah kamar 268 unit.

Kampus UIII Depok dibangun di atas lahan seluas 142,5 hektar. Dirancang sebagai kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Rencananya kampus ini akan diisi oleh mahasiswa yang komposisinya 50 persen adalah mahasiswa asing dan 50 persen lagi dari dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com