Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkembangan Terbaru Pembangunan Tahap II Kampus UIII Depok

Kompas.com - 16/07/2021, 16:37 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan tahap II Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang berlokasi di Komplek RRI Cimanggis, Depok, Jawa Barat, segera rampung.

Dibangun di atas lahan seluas 142,5 hektar, UIII akan menjadi tempat kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia. 

Pembangunan Universitas UIII sekarang ini sudah dilaksanaan dalam dua tahapan. Tahap I dikerjakan oleh Kementerian Agama RI dengan biaya Rp 714 miliar.

Pembangunan tahap II dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan total biaya Rp 375,7 miliar dan akan segera dirampungkan. 

Lingkup pekerjaan yang dilakukan meliputi pembangunan Masjid Kampus, gedung perpustakaan, dan apartemen mahasiswi.

Baca juga: Tahun Ini, Konstruksi Kampus UIII Depok dan UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Tuntas

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR, diupayakan untuk dapat selesai sesuai target.

“Hingga kini, progres pembangunan masjid kampus dan perpustakaan sudah sebesar 90% dan pembangunan asrama mahasiswi sebesar 93,26%,” ujar Basuki dalam rilis yang dikutip Kompas.com, Jumat (16/7/2021).

Masjid kampus di UIII dibangun pada lahan seluas 5.002 meter persegi. Masjid ini memiliki dua lantai dan bisa menampung 1.880 orang jamaah.

Sementara itu, perpustakaan pusat memiliki 8 lantai dan luas bangunannya 16.556 m persegi.

Perpustakaan ini bisa menampung 100 orang pengunjung dan dikerjakan oleh kontraktor PT PP (Persero) Tbk dengan i anggaran senilai Rp 254,9 miliar.

Kemudian, apartemen bagi Mahasiswi Blok I memiliki 12.615 meter persegi dan memiliki 8 lantai serta berisi 268 unit kamar.

Besaran anggaran untuk pembangunan apartemen ini senilai Rp 120,7 miliar dan dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero).

Berdasarkan usul Kementerian Agama, pembangunan tahap III UIII akan kembali dilanjutkan oleh Kementerian PUPR dan masih dalam proses penyiapan lahan.

Yang akan dibangun dala pembangunan tahap III ini adalah Gedung Fakultas C seluas 14.590 meter persegi dengan kisaran kebutuhan biaya sebesar Rp 139,67 miliar.

Kemudian, perumahan dosen seluas 2.500 meter persegi dengan perkiraan kebutuhan biaya sebesar Rp 16,26 miliar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com