Kompas.com - 22/09/2021, 13:30 WIB
Expo properti virtual SMF Virtual Griya Expo 2021 yang diinisasi oleh PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) mulai dari 18 Agustus hingga 19 September 2021 PT SMFExpo properti virtual SMF Virtual Griya Expo 2021 yang diinisasi oleh PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) mulai dari 18 Agustus hingga 19 September 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial makin menyadari pentingnya memiliki hunian. Hal ini dibuktikan dengan ketertarikan mereka pada pameran properti virtual SMF Virtual Griya Expo 2021 yang digelar oleh PT Sarana Multigriya Finansial (SMF).

Sejak dilaksakana selama 1 bulan terhitung mulai dari 18 Agustus hingga 19 September 2021, kegiatan yang bertajuk “Jangan Tunda Punya Rumah di Masa Pandemi” ini berhasil menyedot perhatian lebih dari 25.000 pengunjung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mayoritas pengunjung dalam kegiatan ekspo tahunan SMF ini dididominasi oleh generasi milenial berusia 25-34 tahun sebanyak 33,50 persen.

Kemudian kunjungan dari Generasi Z (usia 18-24 tahun) sebanyak 27,50 persen, dan sisanya terdiri dari masyarakat berusia 45 sampai dengan 65 tahun.

Baca juga: Beli Rumah Nyicil KPR atau Ngontrak Seumur Hidup? Kenali Plus Minusnya

Rata-rata kunjungan per hari mencapai 840 orang lebih, dan berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi hingga Kalimantan.

Jumlah kunjungan tersebut meningkat hingga 4 kali lipat dari kegiatan serupa yang digelar tahun sebelumnya.

Hingga kegiatan tersebut berakhir pada Minggu (19/9/2021) terdapat 1.175 nasabah yang sudah memesan rumah.

Jika semua terealisasi menjadi transaksi maka angka tersebut meningkat hampir 3 kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya di mana transaksi hanya mencapai 400 rumah.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, meningkatnya antusiasme masyarakat tersebut menunjukkan bahwa meski dalam kondisi pandemi, tapi minat masyarakat untuk mencari dan memiliki rumah sangatlah besar.

“Kegiatan ini menjadi trend positif dimana terjadi peningkatan kesadaran masyarakat khususnya generasi muda untuk memiliki rumah. Ini menjadi sebuah potential market di tengah bonus demografi yang ada di Indonesia,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com,  Rabu (22/9/2021).

Ananta berharap kegiatan ini juga dapat memberikan multiplier effect bagi sektor perumahan, sehingga bisa menggerakan industri turunan lainnya serta menciptakan lapangan kerja dan mendorong percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Dalam kegiatan SMF Virtual Griya Expo 2021 ini, SMF bersinergi dengan para pemangku kepentingan di sektor perumahan yang terdiri dari 75 developer dan 12 penyalur KPR seperti Bank Umum, BPD, Bank Umum Syariah serta Unit Usaha Syariah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.