Batas Negara Yetetkun, Ikon Baru di Boven Digoel Tuntas April 2022

Kompas.com - 05/08/2021, 17:00 WIB
Pembangunan Pos Lintas Negara Baru (PLBN) Yetetkun, Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRPembangunan Pos Lintas Negara Baru (PLBN) Yetetkun, Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Yetetkun di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua ditargetkan tuntas April 2022 mendatang.

Hingga kini, progres konstruksi PLBN ketiga di Provinsi Papua itu telah mencapai 27,01 persen sejak dimulai pada 25 Februari 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Total nilai kontrak pembangunannya sebesar Rp 115,8 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020-2022.

Baca juga: PLBN Baru Bakal Dibangun di Kalbar, Pemerintah Bantu Legalisasi Aset

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan PLBN tidak hanya menjadi pos lintas batas negara, namun juga didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, salah satunya dengan dibangunnya pasar.

Dengan demikian, kehadiran PLBN akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk, namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," terang Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (05/08/2021).

Sejatinya, Boven Digoel merupakan tempat bersejarah karena menjadi tempat pengasingan bagi pejuang kemerdekaan Indonesia pada masa kolonial Belanda, seperti Wakil Presiden ke-1 RI Mohammad Hatta.

Untuk diketahui, wilayah tersebut berjarak sekitar 422 kilometer dari Kota Merauke di Provinsi Papua.

Baca juga: 11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu Dibangun, Butuh Dana Rp 2,27 Triliun

Kementerian PUPR pun meningkatkan kualitas jalan perbatasan (Trans Papua) pada ruas Merauke-Boven Digoel untuk memperkuat konektivitas kawasan perbatasan.

Pembangunan PLBN Yetetkun merupakan bagian dari komitmen dalam menjalankan amanah Nawacita yang dicetuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada lima tahun silam yakni, “Membangun dari Pinggiran”.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.