Edy Rahmayadi Tantang Kades Tiru Bojonegoro yang Bisa Ubah Parit Jadi Kolam Ikan

Kompas.com - 05/08/2021, 09:30 WIB
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melakukan pertemuan dengan para camat, lurah dan kades di Labusel, Rabu (4/8/2021) Dok: Diskominfo Provinsi SumutGubernur Sumut Edy Rahmayadi melakukan pertemuan dengan para camat, lurah dan kades di Labusel, Rabu (4/8/2021)

MEDAN, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menantang para kepala dinas (kadis) dan kepala desa (kades) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) untuk mengembangkan potensi masing-masing.

Dia menyakini pergerakan ekonomi desa akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Seperti halnya kreativitas sebuah desa di Kabupaten Bojonegoro yang mampu mengubah parit menjadi kolam ikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepada 52 kades di Labusel, Edy berjanji akan memberikan dukungan penuh bila ada desa yang berhasil mengembangkan potensinya.

Menurutnya, hal ini bisa terwujud bila ada kerja sama kuat antara dinas terkait dengan desa.

Baca juga: Bekas Hotel Bintang 4 di Medan, Jadi Tempat Isolasi Pasien OTG

"Tengok Desa Bojonegoro, mereka ubah parit jadi kolam ikan. Hal seperti ini yang perlu kita dorong. Kalau ada di sini, datang saya ke situ, saya dukung sepenuhnya," kata Edy saat memberi sambutan di aula rumah dinas bupati Labusel, Rabu (4/8/2021).

Edy mencontohkan Kabupaten Deliserdang yang memiliki desa yang berhasil mengembangkan potensinya yaitu Desa Paluhnaga.

Mengembangkan wisata sawah, sampai berhasil menarik perhatian Menparekraf Sandiaga Uno untuk datang.

"Di sana banyak sawah, mereka kembangkan wisata sawah. Sawah dibuat cantik, tempat foto foto, jajanan, jadi ramai orang ke sana. Kita di sini apa, coba saudara sekalian perhatikan, bekerja keraslah untuk masyarakat kita," ucap Edy yang hadir bersama Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis.

Tantangan yang sama juga dilontarkan Edy saat berkunjung ke Kabupaten Labuhanbatu, di hari yang sama.

Baca juga: Poltekpar Medan Dampingi Pembangunan Dua Desa Wisata

Di depan Penjabat Sekretaris Daerah Labuhanbatu Hendra Dermawan, para camat, lurah serta kades, dia meminta pemerintah daerah terus berusaha mengembangkan potensi desanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.