PPKM Level 3 Diperpanjang, Makan di Warteg Bisa 30 Menit

Kompas.com - 03/08/2021, 22:00 WIB
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. ANADOLU AGENCY VIA GETTY IMAGES via BBC INDONESIAMenteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 (empat) di area Jawa Bali, PPKM Level 3 juga akan dilanjutkan mulai Selasa (3/8/2021) hingga Senin (9/8/2021).

Di sejumlah kabupatan/kota area Jawa-Bali, beberapa aturan mengalami penyesuaian bila dibandingkan daerah PPKM level 4.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satunya adalah aturan mengenai lamanya durasi makan di tempat umum seperti warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang dapat dilakukan dalam waktu 30 menit.

Baca juga: PPKM Level 4 Berlanjut, Mal di Sejumlah Daerah Masih Ditutup

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, dalam penerapan PPKM Level 4 dan 3, mulai dari 3-9 Agustus terdapat 12 kabupaten/kota masuk daerah PPKM Level 3.

“Ada 12 kabupaten/kota masuk daerah PPKM level 3 dan 1 kabupaten yang masuk level 2. Namun beberapa kabupaten/kota harus kembali ke PPKM level 4, bukan karena peningkatan kasus tapi lebih kepada peningkatan angka kematian,” papar Luhut pada kanal YouTube Kemenko Mavers, Senin (2/8/2021).

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 27 tahun 2021 mengenai daerah PPKM level 3, dinyatakan pelaksanaan kegiatan makan/minum ditempat umum seperti di warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diijinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat.

Maksimal pengunjung yang dapat makan di tempat-tempat tersebut adalah 25 persen dari kapasitas dengan waktu makan di tempat maksimal 30 menit.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Kegiatan Konstruksi Tetap Berjalan

Sedangkan restoran/rumah makan, kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung/toko tertutup baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan ditempat (dine-in).

Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen sampai dengan pukul 17.00 waktu setempat.

Sedangkan pelaksanaan kegiatan konstruksi untuk infrastruktur publik baik di tempat konstruksi dan lokasi proyek dapat beroperasi 100 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.