PPKM Level 4 Berlanjut, Mal di Sejumlah Daerah Masih Ditutup

Kompas.com - 03/08/2021, 19:00 WIB
Shopping Mall Indonesia Mall Of Indonesia (MOI). miner8.comShopping Mall Indonesia Mall Of Indonesia (MOI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dilanjutkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 (empat) di area Jawa Bali oleh Pemerintah Indonesia, membuat mal dan pusat perbelanjaan belum bisa beroperasi.

Presiden RI Joko Widodo melalui kanal YouTube Sekretariat Negara pada Senin (3/8/2021) mengatakan PPKM Level 4 akan diperpanjang mulai hari ini, Selasa (3/8/2021) hingga Senin (9/8/2021) mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“PPKM Level 4 yang diberlakukan tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus telah membawa perbaikan skala nasional dibanding sebelumnya. Baik dalam konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuah dan presentasi Bed Occupancy Ratio (BOR),” ujar Presiden.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Kegiatan Konstruksi Tetap Berjalan

Oleh karena itu dengan mempertimbangkan beberapa indikator kasus pada minggu ini pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3-9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten kota tertentu dengan penyesuaian pengarutah aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daerah.

Karena PPKM diperpanjang, maka berdasrkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) nomor 27 tahun 2021, kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan masih ditutup sementara.

Namun masih diberikan akses untuk pegawai toko yang melayani penjualan online dengan maksimal 3 orang setiap toko, restoran, supermarket, dan pasar swalayan.

Sementara itu, untuk supermarket, pasar rakyat, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai Pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Kemudian, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat.

Untuk restoran/rumah makan, kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung/toko tertutup baik yang ada dia lokasi tersendiri maupun di pusat perbelanjaan/mal, hanya menerima delivery dan tidak menerima makan ditempat (dine-in).

Selanjutnya pelaksanaan kegiatan makan/minum ditempat umum seperti warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.