Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengecat Dinding Rumah

Kompas.com - 07/09/2022, 21:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat ruangan mungkin terdengar seperti tugas sederhana. Anda tinggal membeli cat, lalu mengambil kuas, dan mulai mengaplikasikannya ke mengecat dinding

Padahal, mengecat dinding rumah tak semudah itu. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukannya dan mengaplikasikannya secara hati-hati agar warna serta tingkat ketebalan merata juga hasil maksimal. 

Baca juga: 7 Ide Warna Cat Rumah Minimalis, Tidak Harus Putih dan Abu-abu

Tak heran, beberapa orang awam atau tak memiliki kemampuan mengecat, memilih menggunakan jasa profesional atu tukang untuk mengerjakannya demi memperoleh hasil bagus.  

Nah, bila ingin mencoba mengecat dinding rumah sendiri, tak masalah. Namun, ada hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengecat dinding rumah seperti dikutip dari My Decorative, Rabu (7/9/2022). 

Baca juga: Wallpaper Vs Cat, Mana yang Lebih Baik untuk Dinding Rumah?

Singkirkan furnitur

Ilustrasi mengecat dinding rumah. SHUTTERSTOCK/GORODENKOFF Ilustrasi mengecat dinding rumah.
Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengecat dinding rumah adalah memindahkan sebanyak mungkin perabotan atau dekorasi dari ruangan.

Furnitur yang menempel ke dinding dapat dipindahkan ke tengah ruangan, lalu tutupi dengan kain atau terpal agar tidak terkena cipratan cat yang dapat mengotori dan merusaknya. Sedangkan dekorasi yang lebih kecil dapat tutupi dengan koran.

Mengecat di sekitar switchboard dan lampu dapat menyebabkan cat menetes dan tumpah, jadi sebaiknya menghindarinya sebisa mungkin.

Cobalah melepas bingkai foto, hiasan dinding lainnya, bola lampu, dan benda lain agar tidak terkena cat. Demikian pula, jika mengecat pintu, lepaskan gagang pintu.  

Baca juga: 7 Warna Cat Eksterior Rumah yang Tampak Lebih Menarik dan Cerah 

Bersihkan dinding 

Langkah selanjutnya adalah membersihkan dinding. Sayangnya, langkah ini banyak dilewati mereka yang mengecat dinding sendiri lantaran malas dan ingin mempercepat pekerjaan.

Namun, mengecat di atas cat yang terkelupas dapat menyebabkan masalah pada kemudian hari. Untuk itu, perlu membersihkan dinding sebelum mengecatnya guna mencegah cat baru mengelupas lebih awal.

Gunakan pisau plastik dempul atau amplas untuk membersihkannya. Setelah cat terkelupas, bersihkan permukaannya agar permukaan merata. 

Bersihkan dinding, debu lantai, dan singkirkan semua sarang laba-laba, bulu anjing, atau apa pun yang dapat merusak dinding yang baru dicat.

Setelah pembersihan dasar selesai, gunakan campuran detergen ringan dan air untuk membersihkan noda berminyak pada dinding. 

Baca juga: Ingin Memilih Warna Cat Rumah? Ini Aturannya  

Gunakan primer

Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.Unsplash/Theme Photos Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.
Banyak orang berpikir bahwa bisa melewatkan penggunaan primer saat mengecat dinding. Padahal, itu tidak benar.

Primer dapat memberikan permukaan yang halus dan rata untuk mengaplikasikan cat sehingga membuat hasilnya sempurna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com