Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengecat Dinding Rumah

Padahal, mengecat dinding rumah tak semudah itu. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukannya dan mengaplikasikannya secara hati-hati agar warna serta tingkat ketebalan merata juga hasil maksimal. 

Tak heran, beberapa orang awam atau tak memiliki kemampuan mengecat, memilih menggunakan jasa profesional atu tukang untuk mengerjakannya demi memperoleh hasil bagus.  

Nah, bila ingin mencoba mengecat dinding rumah sendiri, tak masalah. Namun, ada hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengecat dinding rumah seperti dikutip dari My Decorative, Rabu (7/9/2022). 

Furnitur yang menempel ke dinding dapat dipindahkan ke tengah ruangan, lalu tutupi dengan kain atau terpal agar tidak terkena cipratan cat yang dapat mengotori dan merusaknya. Sedangkan dekorasi yang lebih kecil dapat tutupi dengan koran.

Mengecat di sekitar switchboard dan lampu dapat menyebabkan cat menetes dan tumpah, jadi sebaiknya menghindarinya sebisa mungkin.

Cobalah melepas bingkai foto, hiasan dinding lainnya, bola lampu, dan benda lain agar tidak terkena cat. Demikian pula, jika mengecat pintu, lepaskan gagang pintu.  

Bersihkan dinding 

Langkah selanjutnya adalah membersihkan dinding. Sayangnya, langkah ini banyak dilewati mereka yang mengecat dinding sendiri lantaran malas dan ingin mempercepat pekerjaan.

Namun, mengecat di atas cat yang terkelupas dapat menyebabkan masalah pada kemudian hari. Untuk itu, perlu membersihkan dinding sebelum mengecatnya guna mencegah cat baru mengelupas lebih awal.

Gunakan pisau plastik dempul atau amplas untuk membersihkannya. Setelah cat terkelupas, bersihkan permukaannya agar permukaan merata. 

Bersihkan dinding, debu lantai, dan singkirkan semua sarang laba-laba, bulu anjing, atau apa pun yang dapat merusak dinding yang baru dicat.

Setelah pembersihan dasar selesai, gunakan campuran detergen ringan dan air untuk membersihkan noda berminyak pada dinding. 

Primer dapat memberikan permukaan yang halus dan rata untuk mengaplikasikan cat sehingga membuat hasilnya sempurna.

Menerapkan primer dinding juga membantu meningkatkan tampilan dan daya tahan cat. Pengecar interior profesional selalu lebih suka menggunakan primer dinding. 

Uji warna cat

Sering kali orang bersemangat lansgung mengecat dinding setelah kaleng dibuka. Padahal, ini berisiko karena warna yang ditampilkan pada katalog dapat sangat berbeda dari produk sebenarnya.

Pencahayaan, kondisi lingkungan, dan cara penerapan cat memainkan peran besar dalam menentukan bagaimana warna akhirnya terlihat.

Selalu beli sampel warna cat terlebih dahulu. Uji sampel dan biarkan cat mengering. Perhatikan warna cat pada siang hari dan malam hari untuk melihat tampilannya. Ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana itu akan muncul dalam kondisi dan waktu yang berbeda.

Ulangi langkah-langkah untuk sampel warna yang berbeda dan pilih yang paling Anda sukai. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/07/211000676/4-hal-yang-harus-dipersiapkan-sebelum-mengecat-dinding-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke