Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Warna Cat Eksterior Rumah yang Tampak Lebih Menarik dan Cerah

Kompas.com - 01/09/2022, 15:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat eksterior yang tepat dapat menonjolkan fitur terbaik dari rumah dan meningkatkan daya tarik tepi jalan.

Namun, untuk mendapatkan warna tepat, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya gaya rumah. 

Baca juga: 7 Warna Cat Eksterior yang Dapat Meningkatkan Daya Tarik Rumah

Warna cat tidak bisa sembarangan. Saat memilih warna cat eksterior rumah, penting  mengetahui gaya rumah dan warna apa yang sebenarnya melengkapinya,” kata Malka Helft dari Think Chic Interiors, dilansir dari Forbes, Kamis (1/9/2022).

Misalnya, banyak rumah mendapat manfaat dari warna kontras seperti rumah bergaya kolonial dengan warna putih bersih atau warna terang yang dipadukan dengan aksen hitam.

Sementara itu, warna terakota dan cream cocok untuk rumah bergaya Mediterania.

Nah, berikut beberapa warna cat eksterior rumah yang dapat membuat lebih menarik dan cerah. 

Baca juga: 4 Tips Membuat Eksterior Rumah Tampak Indah dan Menarik

Putih

Ilustrasi rumah.Shutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi rumah.
Putih selalu menjadi pilihan warna cat eksterior rumah yang banyak dipilih. “Putih adalah pilihan bagus untuk warna cat eksterior rumah," ucap Eleanor Trepte, desainer interior dari Dekay & Tate.

Eleanor suka membuat pintu depan dan trim jendela yang berani untuk menunjukkan semburan warna dan menghangatkan bagian luar rumah.

Jangan lupa bahwa lansekap dan hardscaping juga menambah warna pada bagian depan rumah. Jadi, pilihlah warna aksen yang menyatu baik dengan rumah putih bersih. 

Baca juga: 3 Warna Cat Kamar Tidur yang Lembut dan Menenangkan 

Abu-abu

Sangat sulit memilih di antara semua pilihan cat abu-abu, jadi mulailah dengan mencari tahu apakah Anda menginginkan abu-abu dengan nada dingin atau hangat.

Abu-abu dengan dingin yang canggih menawarkan tampilan segar pada eksterior. Sementara itu, nada hangat lebih dramatis dan menciptakan nada lebih murung di samping trim gelap serta kayu.

Keduanya memiliki tampilan keseluruhan yang fantastis. Begitu Anda menemukan nada yang sesuai untuk rumah, abu-abu selalu menjadi pilihan yang unggul. 

Baca juga: 5 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Usia Cat Eksterior Rumah

Hijau

Ilustrasi rumah. Shutterstock/ppa Ilustrasi rumah.
Jika mencari variasi warna cat eksterior rumah, hijau adalah pilihan tepat. Dari nada bersahaja yang dalam, warna tropis yang cerah, nuansa berlumut, hingga hijau yang lembut, hijau bisa memberikan tampilan eksterior rumah bernuansa tradisional maupun sentuhan modern.

Saat mencari hijau yang sempurna, pertimbangkan gaya rumah serta keseluruhan tampilan dan nuansa lingkungan sebelum memilihnya. 

Hitam

Lapisan cat hitam yang baru dapat mengembuskan kehidupan baru ke eksterior rumah yang polos dan memberikan sentuhan baru pada rumah tua dan kuno.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com