Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Sering Terlupa Saat Merenovasi Eksterior Rumah

Kompas.com - 03/07/2022, 19:21 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Realtor

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring waktu, tampilan eksterior rumah yang mulai terlihat membosankan dan kusam membuat beberapa orang memutuskan merenovasinya.

Merenovasi eksterior rumah tidak hanya sebatas mengubah tampilan bangunan, tetapi juga menghadirkan sesuatu yang baru, entah itu area untuk bersantai, memperbaikan lanskap, maupun menambahan fitur hiburan seperti kolam renang.

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Cat Dinding Interior untuk Eksterior Rumah?

Akan tetapi, seperti disadur dari Realtor, Minggu (3/7/2022), ada beberapa hal yang sering dilupakan saat merenovasi eksterior rumah sehingga membuat kegiatan menjadi kurang nyaman.

Pencahayaan yang tepat

 

Ilustrasi halaman rumah.SHUTTERSTOCK / wavebreakmedia Ilustrasi halaman rumah.
Menghadirkan pencahayaan yang tepat di halaman rumah ternyata menjadi salah satu hal yang kerap dilewati orang-orang saat merenovasi rumah.

Direktur Perumahan Hardscapes di Belgard, Joe Raboine, mengungkapkan banyak pemilik rumah menghabiskan waktu dan uang untuk menciptakan area di luar ruangan, tetapi melupakan elemen kunci ini.

Pertimbangkan dulu bagaimana kamu akan menggunakan halaman rumah. Jika ingin tamu berlama-lama menghabiskan waktu di sana, beri pencahayaan redup di sekitar area tempat duduk.

Untuk kegiatan barbercue yang melibatkan banyak permainan hingga larut malam, terangi semua area dengan pencahayaan string. 

Baca juga: 5 Tips Pencahayaan Kamar Mandi untuk Efek Seperti Spa

Aliran listrik

Hal buruk yang bisa terjadi saat merenovasi eksterior rumah adalah sudah merencanakan tata letak teras, pencahayaan untuk mempercantik area kebun, tetapi melupakan aliran listrik. 

“Pastikan memasang beberapa outlet listrik untuk penerangan tambahan atau hanya sekadar untuk bekerja dengan laptop,” imbau Leslie Saul, arsitek dan desainer interior.

Baca juga: 4 Tips Meningkatkan Eksterior Rumah agar Terlihat Menarik

Posisi matahari

Ilustrasi patio berlantai beton.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi patio berlantai beton.

Jika ingin menghadirkan area untuk berjemur atau tempat bersantai yang terhindar dari sinar matahari, perhatikan posisi matahari agar kegiatan berjalan lancar.

Shaun Gotterbarn, arsitek dari Alisberg Parker, mengatakan lokasi matahari adalah salah satu elemen penting yang harus dipertimbangkan saat merancang area luar ruangan.

“Memahami jalur matahari sepanjang hari dan mempelajari bayangan yang ditimbulkan  pepohonan dan bangunan di sekitar rumah, memastikan kamu memiliki area tempat duduk di tempat yang sempurna,” ujar Gotterbarn. 

Baca juga: 5 Jenis Tanaman untuk Membuat Taman yang Indah di Balkon Rumah 

Tempat penyimpanan luar ruangan

Meski di luar ruangan, bukan berarti tidak memerlukan ruang penyimpanan. Siapkan tempat penyimpanan luar ruangan untuk menaruh barang-barang yang tidak dibutuhkan.

“Banyak tempat penyimpanan luar ruangan yang tahan air, yang memungkinkan area menjadi indah dan bersih,” imbuh Eric Clark, desainer patio dan blogger. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com