Kompas.com - 03/07/2022, 12:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagian besar orang menganggap semua cat dinding memiliki fungsi yang sama, yakni mewarnai dinding guna meningkatkan tampilan rumah.

Perbedaannya, hanyalah warna yang ditampilkan serta jenis cat berdasarkan bahan dasarnya seperti cat berbasis minyak (oil-based) atau cat berbasis air (water-based).

Baca juga: Avian Luncurkan Sunguard All-In-One, Cat Dinding Penangkal Suhu Panas

Research, Development, and Innovation Director Avian Brands, Angelica Tanisia Jozar, mengungkapkan, setiap cat terbagi dalam dua kategori, yakni interior dan eksterior. Namun, kedua cat ini sering disalahgunakan masyarakat Indonesia.

“Terkait perilaku masyarakat Indonesia terhadap penggunaan cat, banyak orang merasa bahwa satu cat bisa digunakan untuk mengecat dinding bagian luar maupun dalam,” ujarnya dalam konferensi pers di mal Plaza Senayan, Jakarta, baru-baru ini. 

Dengan demikian, banyak orang menggunakan cat interior untuk eksterior rumah, begitu juga sebaliknya. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Cocok Diterapkan di Dapur Menurut Feng Shui

Padahal, kata Angelica, cat eksterior memiliki fitur sangat tangguh dalam menghadapi cuaca ekstrem, terutama sinar matahari Indonesia yang panas. 

“Kalau catnya tidak tahan sinar matahari, efek warnanya pada tembok menjadi pudar dan muncul retak rambut,” katanya.

Menurutnya, retak rambut dapat membuat air merembes ke dalam dinding dan bereaksi pada semen. Tanpa disadari, hal ini dapat merusak struktur bangunan di dalam dinding seiring waktu. 

Baca juga: 5 Warna Cat Terbaik untuk Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Apabila retak rambut terjadi pada area dinding yang di dalamnya memiliki rangka besi, tentunya air hujan dapat menyebabkan korosi. 

“Lama-lama bahaya untuk bangunan. Warna dinding juga akan terlihat memiliki bercak putih. Ini adalah salah satu efek dari menggunakan cat interior pada eksterior rumah. Masyarakat Indonesia masih banyak yang menggunakan cat indoor untuk outdoor, padahal berbeda,” ucap Angelica.

Baca juga: Desainer Interior Ungkap 6 Pertimbangan saat Memilih Warna Cat Dinding

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.