Kompas.com - 09/08/2022, 16:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas dan sinar matahari yang terik bisa merusak kecantikan tanaman hias Anda. Namun, Anda bisa menghindari kondisi ini dengan perawatan tanaman yang benar.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Selasa (9/8/2022), berikut beberapa tips merawat tanaman saat cuaca panas dan sinar matahari sangat terik.

1. Jaga agar tanaman disiram dengan baik

Menurut Erica Chernoh, ahli hortikultura di Oregon State University Extension Service, jaga agar tanaman tetap terhidrasi dan disiram di pagi hari, sehingga tanaman mendapatkan cukup waktu untuk menyerap kelembapan sebelum panas terik.

Baca juga: 5 Hama yang Merusak Tanaman Singkong

Ilustrasi menyiram tanaman. SHUTTERSTOCK/MAXIMUS ART Ilustrasi menyiram tanaman.

Anda juga bisa menyiram tanaman lagi di malam hari jika suhu di daerah Anda terlalu tinggi. Yang harus dilakukan adalah menyirami tanaman secara mendalam untuk memastikan media tumbuh tetap lembap untuk waktu yang lama.

Tanaman pot dan pot gantung perlu disiram secara teratur dibandingkan dengan yang ada di tanah. Periksa kelembapan tanah dengan menempelkan jari di tanah.

2. Pilih tanaman yang menyukai cuaca panas

Selalu bijaksana untuk memilih tanaman yang menyukai panas dan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari langsung. Tanaman asli juga merupakan pilihan yang bagus dalam hal ini.

Bunga Marigold, Petunia, Coneflower, Moss Rose, Hibiscus, Stonecrop, Vinca, Lantana, dan Zinnia adalah beberapa pilihan terindah yang Anda miliki untuk lingkungan yang cerah.

Baca juga: Jenis Pupuk untuk Tanaman Singkong agar Tumbuh Subur

3. Gunakan naungan

Kain peneduh sebagian besar digunakan di iklim panas dan kering untuk melindungi sayuran dan tanaman lain di kebun dari sinar matahari yang intens.

Anda dapat dengan mudah mendapatkannya dari toko tanaman atau membelinya secara online.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.