Kompas.com - 09/08/2022, 15:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak berbeda jauh dengan minyak goreng, minyak sawit (vegetable oil) menjadi bahan yang digunakan untuk menggoreng, menumis, atau memanggang makanan.

Namun, di luar fungsi utamanya dalam mengolah makanan atau masakan, minyak sayur dapat digunakan untuk hal lain yang belum banyak orang ketahui.

Jadi, apabila memiliki minyak sayur di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk hal penting lainnya.

Baca juga: Amankah Menggunakan Minyak Sayur Sebagai Insektisida Alami?

Dilansir dari The Kitchn, Selasa (9/8/2022), berikut ini adalah dua hal yang bisa kamu manfaatkan dari minyak sayur selain dipakai untuk menggoreng.

Ilustrasi engsel pintu.SHUTTERSTOCK / Georgiagirl Ilustrasi engsel pintu.
Olesi engsel pintu dengan minyak sayur

Jika kamu memiliki pintu yang berderit, atau pintu dengan engsel yang berpotensi akan berderit, lumasi engselnya dengan minyak sayur.

Tambahkan satu atau dua tetes minyak sayur ke kain bersih, kemudian gosok kain yang telah diminyaki di sepanjang engsel pintu yang berderit.

Pastikan untuk melumasi engsel secara menyeluruh, khususnya di beberapa bagian atas, tempat di mana pin masuk ke engsel.

Setelah melumasi engsel, buka dan tutup pintu beberapa kali. Jika masih berdecit, lepaskan pin dan beri lebih banyak minyak sayur.

Baca juga: Cara Membuang Minyak Goreng Bekas agar Tak Menyumbat Saluran Air

Jika sudah diberi lebih banyak minyak sayur, pasang kembali pin, ayunkan pintu beberapa kali dan tidak ada lagi bunyi mencicit.

Melumasi wajan besi cor

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.