Kompas.com - 09/08/2022, 15:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baik Anda menggunakan setrika setiap hari atau seminggu sekali, penting untuk membersihkan setrika dengan benar. Sebab, tidak ada yang lebih buruk daripada menyetrika menggunakan setrika kotor dan menempelkan banyak kotoran di permukaan pakaian.

Dilansir Southern Living, Selasa (9/8/2022) Sabrina Fierman, yang bekerja untuk layanan pembersihan memberikan penjelasan mengenai cara membersihkan setrika agar dapat digunakan dengan baik. 

Cara membersihkan bagian bawah setrika 

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian bawah setrika.

Baca juga: Trik Membersihkan Setrika Uap dengan Cuka Putih dan Baking Soda

Ilustrasi menyetrika pakaian di papan setrikaFREEPIK.COM/RACOOL_STUDIO Ilustrasi menyetrika pakaian di papan setrika

"Gunakan cuka putih, rendam kain katun bersih di dalam cuka, dan letakkan pelat besi dingin di atas lap," kata Fierman.

Pastikan untuk menggunakan permukaan yang terlindung atau yang tidak akan terpengaruh oleh cuka. Biarkan di lap selama 30 menit lalu bersihkan.

Jika Anda membutuhkan sesuatu yang abrasif, Fierman menyarankan untuk mencoba pasta soda kue 2:1 dengan soda kue dan air.

"Oleskan pasta dan gosok perlahan dengan gerakan memutar, pastikan untuk membersihkannya dengan kain bersih dan lembap," katanya.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Kusut dari Pakaian Tanpa Menggunakan Setrika

"Metode lain adalah dengan mengoleskan banyak garam di atas koran di papan setrika Anda. Atur setrika Anda menjadi hangat, lalu setrika di atas garam dengan gerakan melingkar sampai bersih," jelas Fierman.

Hal yang harus dihindari saat membersihkan setrika

Ada dua hal yang ingin Anda hindari saat membersihkan setrika yang pertama melibatkan produk pembersih yang sangat kuat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.