Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2022, 14:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMadu kaya akan manfaat, dari meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi kulit kering, serta menghaluskan kulit.

Selain manusia, madu juga bermanfaat untuk tanaman seperti menyediakan sumber energi bagi dan membantu mendorong pertumbuhan akar tanaman. 

Baca juga: Cara Menyimpan Madu agar Tidak Terkontaminasi dan Rusak

Namun, untuk mendapat manfaat tersebut, perlu menyimpan madu dengan tepat. Penyimpanan yang tepat juga membantu menjaga kualitas dan tampilan madu. 

Sebab, seiring waktu, madu dapat kehilangan warna dan rasa serta mengkristal seiring waktu. Namun, madu tidak akan basi dan tetap aman dikonsumsi.

Meski begitu, cara menyimpan madu tidak boleh dilakukan asal. Tentu saja, Anda tidak ingin menggunakan madu yang tampilan dan kualitasnya berkurang.

Untuk menjaga kualitas madu, beberapa orang menyimpannya dalam kulkas. Namun, apakah cara ini aman? 

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini saat Menyimpan Susu di Kulkas

Jangan menyimpan madu di kulkas

Madu sebaiknya tak diberikan kepada anak usia di bawah 1 tahun.Dok. Pexels/ Adonyi Gabor Madu sebaiknya tak diberikan kepada anak usia di bawah 1 tahun.

Disadur dari My Recipes, Minggu (31/7/2022), cara terbaik menjaga madu tetap segar adalah menyimpannya dengan benar.

Ada berbagai macam cara menyimpan madu, tetapi sebaiknya menghindarinya menyimpan dalam kulkas. Bahkan menyimpan madu dalam kulkas tidak boleh dilakukan. 

Sebab, mendinginkan madu hanya akan meningkatkan kecepatannya mengkristal. Ini mengubah tekstur madu cair menjadi lumpur kental seperti adonan kue.

Baca juga: Mengapa Madu Mengkristal? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Begitu pun, menurut Gwen Pearson, penulis di Wired sekaligus koordinator sosialisasi di Purdue Department of Entomology, madu yang mulai mengkristal tidak boleh disimpan dalam kulkas. 

“Madu akan mengkristal di sarang jika suhunya di bawah 10 derajat Celsius dan akan mengkristal dalam wadah penyimpanan jika memiliki lemari dapur yang sejuk,” jelas Pearson.

Dikutip dari Martha Stewart, madu dapat mengkristal seiring waktu terlepas dari tempat penyimpanannya, tetapi menyimpannya pada suhu ruangan dapat memperlambat proses kristalisasi. 

Baca juga: 3 Bahaya Memberikan Madu pada Kucing, Bisa Keracunan?

Pertimbangkan wadah penyimpanan

Ilustrasi madu. FREEPIK/RACOOL_STUDIO Ilustrasi madu.

Wadah penyimpanan untuk menyimpanan madu juga penting diperhatikan. Hindari menyimpan madu dalam wadah bermaterial logam. 

Para pakar keamanan pangan di Utah State University, Amerika Serikat, menjelaskan madu sedikit asam sehingga dapat menyebabkan karat pada wadah atau tutup logam. Selain logam, hindari material keramik sebagai wadah untuk menyimpan madu.

Baca juga: Apakah Madu Beracun untuk Kucing? Ini Penjelasannya

Cara menyimpan madu

Dengan pertimbangan tersebut, cara terbaik menyimpan madu adalah pada suhu ruangan seperti rak penyimpanan dapur. Namun, pastikan menjauhkan madu dari sinar matahari langsung.

Madu harus disimpan dalam wadah tertutup rapat seperti stoples kaca. Jika madu mengkristal, kamu tidak perlu khawatir lantaran masih aman dikonsumsi atau digunakan untuk keperluan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com