Kompas.com - 04/07/2022, 12:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Suhu dapat memengaruhi usia pemakaian susu. Jika disimpan di suhu yang tepat, susu telah dibuka pun masih bisa dikonsumsi selama beberapa hari sebelum basi.

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menyimpan susu di dalam kulkas alih-alih pada suhu ruangan untuk menjaga kesegarannya.

Baca juga: Tanaman Bisa Tumbuh Lebih Besar dengan Air, Susu, atau Soda?

Akan tetapi, menyimpannya di dalam kulkas pun tidak menjamin susu tidak akan cepat basi, terutama jika kulkas kerap mengalami suhu yang tidak konsisten dan terjadi fluktuasi dari waktu ke waktu.

Disadur dari Real Simple, Senin (4/7/2022), susu tetap bisa disimpan di dalam kulkas terlepas dari ragam hal tersebut, jika ditempatkan di titik yang benar.

Ilustrasi susu kentangUnsplash/Elizabeth Dunne Ilustrasi susu kentang

Kesalahan saat menyimpan susu di kulkas

Susu sebaiknya tidak disimpan di pintu kulkas. Mereka dalah tempat terburuk untuk perubahan suhu lantaran mereka adalah tempat terhangat di kulkas.

Setiap kali kamu membuka pintu kulkas, kamu mengeluarkan barang apa pun yang disimpan di titik tiersebut ke sebuah ruangan yang mungkin menjadi ruangan paling panas di rumahmu.

Adapun suhu yang lebih hangat dan fluktuasi yang kerap terjadi dapat membuat makanan berisiko cepat basi, terutama jenis seperti susu dan krim.

Susu sebanyak 4,5 liter memang sempurna untuk ditempatkan di pintu kulkas, tetapi suhu yang lebih hangat dapat membuatnya mengental sebelum kamu sempat meminumnya.

Baca juga: Dampak Buruk Menyimpan Susu di Area Pintu Kulkas

Demikian pula dengan bakteri yang berpotensi berbahaya yang dapat tumbuh pada suhu yang lebih hangat. Semakin lama susu terpapar panas dapur, semakin cepat bakteri tumbuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.