Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2022, 18:48 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah kucing boleh makan nasi? Pertanyaan ini mungkin terlintas di kepalamu ketika tergoda untuk memberikan nasi pada kucing peliharaanmu.

Hal demikian dapat dimaklumi, mengingat masih banyak orang maupun cat owner yang sengaja memberikan nasi sebagai tambahan makanan bagi kucingnya agar mereka bisa lebih kenyang.

Lantas, apakah boleh seekor kucing diberi makan nasi? Apakah ada dampak berbahaya yang bisa ditimbulkan?

Baca juga: Ragam Penyebab Kucing Makan Terlalu Cepat dan Cara Mengatasinya

Dikutip dari channel YouTube Dokter Hewan, Rabu (12/6/2022), Dokter Hewan Meisi Nuriski menjelaskan beberapa fakta penting yang perlu diketahui ketika kucing peliharaan diberi makan nasi, berikut di antaranya.

Ilustrasi kucing makan ikan. SHUTTERSTOCK/KONOPLYTSKA Ilustrasi kucing makan ikan.
Kucing adalah karnivora sejati

Perlu diingat bahwa kucing merupakan hewan karnivora sejati sehingga saluran pencernaannya sudah dirancang untuk mencerna bahan makanan atau pakan, seperti ayam, ikan, maupun sapi.

Sebab, bahan makanan yang demikian memiliki kandungan protein hewani dan asam amino yang sangat dibutuhkan oleh si kucing.

Jadi, sangat wajib untuk memberi makan kucing peliharaan dalam bentuk daging-dagingan atau yang mengandung protein hewani.

Kucing hanya membutuhkan sedikit karbohidrat

Baca juga: Kucing Makan Kecoak, Bahayakah?

Kucing hanya membutuhkan karbohidrat dalam jumlah yang sangat sedikit. Bahkan, tubuh si kucing sebenarnya sudah bisa mendapatkan karbohidrat dari protein yang dikonsumsinya.

Jadi, saat memberikan nasi yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi, sebenarnya itu tidak terlalu dibutuhkan oleh si kucing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com