Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2020, 11:36 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu seorang pemilik kucing peliharaan, mungkin kamu pernah memerhatikan bahwa kucing terkadang suka mengunyah rumput di halaman atau pekarangan dekat rumah.

Hal ini mungkin tampak tak biasa, mengingat kucing adalah hewan karnivora alias pemakan daging.

Melihat reaksi ini, pemilik kucing biasanya berpikir bahwa rumput bisa beracun bagi kucing peliharaan, sehingga banyak yang akan mencegah kucing makan rumput.

Baca juga: Berapa Lama Kucing Tidur dalam Sehari? Ini Penjelasannya

Akan tetapi, dilansir dari laman resmi Purina, Jumat (18/12/2020), rumput sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kucing ketika dimakan. Mungkin kamu terkejut akan penjelasan ini.

Ketika dimakan, rumput dapat memiliki banyak manfaat kesehatan bagi kucing, termasuk segala sesuatu mulai dari menghilangkan sembelit dan bertindak sebagai penghilang stres alami.

Mengapa kucing makan rumput?

Keharusan kucing memakan rumput memang aneh, terutama karena mereka hewan karnivora dan tidak membutuhkan tumbuhan untuk bertahan hidup.

Sejauh ini, para peneliti belum menyetujui satu alasan pasti mengapa kucing peliharaan seseorang suka mengunyah rumput, tetapi ada banyak teori mengapa mereka melakukan ini.

Baca juga: Simak, Ini Kesalahan dalam Memelihara Kucing

Akan tetapi ada tiga teori teratas yang bisa menjadi landasan kucing mengunyah atau memakan rumput, berikut di antaranya.

1. Membantu mengatasi sakit perut

Salah satu teori paling umum di balik mengapa kucing makan rumput adalah bahwa rumput membantu mengatasi sakit perut.

Hal ini terkait dengan fakta bahwa kucing cenderung muntah setelah memakannya, karena mereka sebenarnya kekurangan enzim yang tepat yang dibutuhkan untuk mencerna rumput.

Karena ini, diperkirakan kucing mungkin memakan rumput untuk mencoba dan membantu mereka muntah, sehingga itu bisa membersihkan sistem pencernaannya dari apapun yang tidak dapat mereka cerna, seperti rambut atau bulu mereka sendiri dan tulang dari mangsa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com