Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini Cara Tepat Mengobati Kucing Cacingan

Kompas.com - 12/06/2022, 15:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati kucing peliharaan yang terinfeksi cacing alias cacingan tentu tidak hanya membuat khawatir, tetapi juga menjijikan.

Kondisi ini juga membuat menghambat kucing beraktivitas, membuat kucing kurus meski sudah banyak makan, bahkan dapat berdampak buruk pada kesehatannya. 

Baca juga: Kenali, Ini Penyebab dan Tanda Kucing Cacingan

Namun, tak perlu khawatir, meski cacingan dapat menyebabkan masalah serius pada kucing, biasanya kondisi ini sangat mudah diobati.  

Ada banyak jenis perawatan yang tersedia untuk mengobati kucing cacingan. Perawatan ini berdasarkan gejala dan jenis cacing yang menginfeksi kucing.

Ditambah, mengobati kucing cacingan sangatlah mudah karena obat cacing sekarang tersedia dalam bentuk cair, pasta, butiran, dan tablet cacing yang sehingga Anda dapat memilih yang paling mudah untuk kucing peliharaan

Baca juga: 4 Alasan Kucing Mengedipkan Salah Satu Matanya

Jangan mengobati dengan perawatan alami 

Ilustrasi kucing cacingan.Shutterstock/Eleni Alina Ilustrasi kucing cacingan.
Namun, hindari mengobati kucing cacingan dengan cara rumahan. Ada beberapa pengobatan "rumahan" yang diklaim efektif mengobati kucing cacingan, termasuk bawang putih, cuka sari apel, biji labu, wortel, dan kunyit.

Namun, mencoba merawat dan mengobati kucing cacingan dengan pengobatan alami dan obat cacing yang dijual bebas tidak pernah direkomendasikan.

Meski tampak seperti alternatif yang lebih cepat dan lebih murah, tidak ada jaminan bahwa produk tersebut aman atau efektif mengobati semua jenis cacing dan itu sebenarnya bisa berbahaya bagi kucing. 

Karena itu, pengobatan terbaik sekaligus mencegah hal-hal yang tidak diinginkan adalah membawa kucing peliharaan ke dokter hewan untuk mengetahui kondisi dan pengobatan apa yang sesuai. 

Baca juga: Kenali, Ciri-ciri Kucing Mengalami Cacingan

Yohana Novita Kristiani, dokter hewan yang berpraktik di klinik hewan Uttara Veterinary, Madiun, Jawa Timur, cara efektif mengobati kucing cacingan adalah memberikan obat cacing untuk kucing. 

Namun, sebelum memberikannya, kata Yohana, pemilik kucing perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter hewan mengenaik kondisi sahabat bulu seperti apakah dalam kondisi baik atau tidak.

"Misalnya, anabul (anak bulu) sedang tidak nafsu makan dan diare, makan pemberian obat cacing tidak bisa langsung diberikan. Harus diselesaikan dahulu masalah diarenya," imbuh Yohana dihubungi Kompas.com via pesan teks, baru-baru ini.  

Selain itu, setiap kucing memiliki gejala dan jenis cacing yang menginfeksi berbeda. Kondisi ini tentu membuat cara mengobati kucing cacingan tidak bisa disamakan.

Belum lagi, usia kucing. Tentu saja, pengobatan atau dosis obat cacing antara anak kucing dan kucing dewasa berbeda.

Baca juga: Kenali, Ini 10 Tanda Kucing Cacingan 

Cukup dengan obat cacing

Ilustrasi kucing Siam atau BurmaShutterstock/Dasha Trofimova Ilustrasi kucing Siam atau Burma
Dilansir dari PetMD, Minggu (12/6/2022), umumnya, untuk mengobati kucing cacingan, dokter hewan akan meresepkan obat cacing oral atau suntik yang akan membunuh cacing dewasa dan larva yang ada pada usus setelah mendiagnosis. 

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com