Kompas.com - 21/10/2021, 11:57 WIB
Ilustrasi kucing sedang diperiksa oleh dokter hewan. SHUTTERSTOCK/4 PM PRODUCTIONIlustrasi kucing sedang diperiksa oleh dokter hewan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila kamu adalah seseorang yang memelihara kucing di rumah, maka ketahui bahwa ada beberapa jenis cacing yang dapat menginfeksi kucing peliharaanmu.

Baik kucing rumahan maupun kucing liar, mereka rentan menjadi tempat hidup parasit di dalam tubuhnya, seperti cacing gelang, cacing pita, dan cacing tambang.

Jadi, ada baiknya untuk mengenali tanda-tanda kucing cacingan, agar kucingmu bisa segera ditangani ketika gejalanya mulai terlihat.

Baca juga: 7 Cara Menunjukkan Cinta untuk Kucing Kesayangan

Dikutip dari kanal YouTube Petshop Indonesia, Kamis (21/10/2021), berikut adalah ciri-ciri kucing cacingan yang umum terlihat dan perlu diperhatikan.

Ilustrasi kucing sakitUnsplash/Sebastian Santacruz Ilustrasi kucing sakit

1. Bulu tampak kusam dan kasar

Gejala yang sangat terlihat ketika kucing mengalami cacingan adalah perubahan yang terjadi pada bulu mereka. Saat mengalami cacingan, bulu kucing akan menjadi kasar atau bahkan menjadi sangat kasar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walaupun sudah diberi makanan kucing premium khusus untuk bulu, bulu kucing yang cacingan tidak akan berkilau seperti biasanya.

Hal ini terjadi karena kucing menjadi dehidrasi dan mengalami penyerapan nutrisi yang buruk akibat terinfeksi oleh cacing.

Baca juga: Mengenal Ras Kucing Bombay, Si Hitam yang Menggemaskan

2. Gusi terlihat tidak sehat

Jika kucing kamu sehat, maka gusinya akan berwarna merah muda seperti gusi manusia.

Namun, apabila gusi kucingmu berwarna putih atau pucat, maka bisa jadi kucing mengalami infeksi parasit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.