Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendorong Kucing Peliharaan Rajin Bergerak

Kompas.com - 31/05/2022, 17:26 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Purina

JAKARTA, KOMPAS.comKucing peliharaan yang bertubuh gemuk terlihat lebih menggemaskan, tetapi ini bisa membahayakan kesehatan kucing jika berat badannya sudah berlebihan.

Sebab, kucing yang terlalu gemuk berisiko mengalami sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga memperpendek usianya. 

Baca juga: 3 Cara Menjaga Berat Badan Kucing Peliharaan Tetap Ideal

Untuk itu, penting menjaga berat badan kucing peliharaan tetap ideal agar tetap sehat dan bisa bergerak dengan lebih leluasa.

Dikutip dari Purina, Selasa (31/5/2022), berikut beberapa tips mendorong kucing peliharaan rajin bergerak agar tidak terlalu gemuk. 

Gunakan mainan laser

Ilustrasi kucing - Seekor anak kucing sedang bermain dengan laser pointer.SHUTTERSTOCK / movetheuniverse Ilustrasi kucing - Seekor anak kucing sedang bermain dengan laser pointer.

Setiap kucing memiliki preferensi berbeda terhadap mainan yang disukai. Beberapa kucing suka dengan mainan pancing, sebagian gemar memainkan kardus atau tas kertas.

Namun, jika sahabat bulu tampaknya tidak ingin bermain, tarik perhatiannya untuk merangsang insting menerkam melalui mainan laser. Pastikan laser tidak mengenai mata kucing saat dimainkan. 

Baca juga: 4 Cara Mendorong Kucing Peliharaan Minum Air Lebih Banyak

Manfaatkan mainan yang menggunakan baterai

Cara lain mendorong kucing peliharaan rajin bergerak adalah memanfaatkan mainan yang menggunakan baterai. 

Ini bisa menjadi solusi alternatif untuk kamu yang sibuk dan tidak bisa mengajak sahabat bulu bermain. 

Ajak ke luar ruangan

Ajak kucing peliharaan jalan-jalan ke luar rumah untuk mendorongnya bergerak dan mengeluarkan energi. Namun, tetap pastikan apakah kucing menyukai kegiatan ini agar tidak stres atau kesal. 

Bentuk latihan ini bisa Anda kenalkan sejak kucing masih kecil atau menjadi anak kucing, tepatnya setelah usia enam bulan.

Pada usia tu, kucing masih ingin mencoba hal baru. Sementara itu, kucing yang lebih tua membutuhkan lebih banyak upaya untuk mengajaknya keluar rumah.

Baca juga: Catat, Ini 12 Aroma yang Tidak Disukai Kucing

Ajarkan trik

Ilustrasi kucing makan rumputPEXELS/Alex Bargain Ilustrasi kucing makan rumput

Mengajarkan trik pada kucing peliharaan dapat meningkatkan ikatan sekaligus membantu mengembangkan keterampilan melalui olahraga.

Mulailah dengan trik kecil seperti melatihnya duduk atau memberimu ciuman. Lalu, tingkatkan latihan trik dengan mengajarkan kucing berdiri menggunakan kaki belakang atau melompati lingkaran.

Baca juga: Ragam Penyebab Kucing Kentut yang Perlu Diketahui

Hadirkan menara kucing

Menara kucing atau ruang vertikal apa pun dapat membantu kucing melompat dari satu permukaan ke permukaan lainnya, yang mana ini adalah suatu bentuk latihan naluriah.

Umumnya, menara kucing memiliki tingkatan berbeda untuk setiap permukaan. Jadi, sahabat bulu dapat melompat, memanjat, dan istirahat di pohon pribadinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Purina
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com