Kompas.com - 12/06/2022, 08:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, masalah cacingan juga bisa dialami hewan peliharaan, termasuk kucing

Mendapati kucing peliharaan yang cacingan tidak hanya membuat khawatir, tapi juga menjijikan. 

Baca juga: 4 Alasan Kucing Mengedipkan Salah Satu Matanya

Pasalnya, cacingan pada kucing bisa menghambat kegiatannya, membuat kucing kurus, serta lama-kelamaan berdampak buruk pada kesehatan kucing.

Namun, tak perlu khawatir, masalah cacingan pada kucing ini bisa diatasi dengan cepat, asalkan segera mendapat pengobatan. 

Dikutip dari Purina, Minggu (12/6/2022), kucing dapat terinfeksi cacing melalui tiga cara utama. Pertama, kucing menelan telur langsung dari tanah yang terkontaminasi saat menjilati kakinya. 

Baca juga: Bisakah Induk Kucing Merasa Kehilangan dan Merindukan Anaknya?

Ilustrasi kucing ke dokter hewan, Ilustrasi kucing mendapatkan suntikan vaksinasi.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi kucing ke dokter hewan, Ilustrasi kucing mendapatkan suntikan vaksinasi.
Kedua, mengonsumsi hewan pengerat seperti tikus yang sebelumnya memakan telur cacing yang ada pada lingkungan.

Ketiga, larva cacing tertelan oleh anak kucing dalam air susu induknya (hanya Toxocara cati atau cacing gelang). Sebagian besar anak kucing yang baru lahir terinfeksi cacing gelang melalui cara ini.

Yohana Novita Kristiani, dokter hewan yang berpraktik di klinik hewan Uttara Veterinary, Madiun, Jawa Timur, mengatakan penyebab kucing cacingan yang utama adalah memakan atau menelan telur atau larva aktif dari cacing yang mengontaminasi pakan atau lingkungan.

Baca juga: Memiliki Kucing Peliharaan yang Galak? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya 

"Cacingan pada kucing juga bisa ditularkan dari induk ke anak melalui transplasenta," kata Yohana yang dihubungi Kompas.com via pesan teks, baru-baru ini. 

Yohana menjelaskan, ada beberapa jenis cacing yang umum menginfeksi kucing. Pertama, kelas Cestoda dengan jenis cacing paling sering adalah paling sering Dipylidium caninum atau cacing pita. Jenis cacing ini ditularkan melalui infestasi pinjal atau kutu

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.