Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Kerajinan Tangan hingga Robotik Daerah Dikenalkan ke Tingkat Nasional

Kompas.com - 11/06/2022, 20:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam produk kreasi pengusaha daerah seperti kerajinan tangan, kuliner, hingga teknologi dikenalkan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) melalui HIPMI Expo. Pameran ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 10-12 Juni 2022.

Terdapat 108 stand yang menampilkan beragam produk kreasi pengusaha lokal dari 34 provinsi di Indonesia.

HIPMI Expo adalah adalah pameran yang menampung seluruh produk hasil kreasi pengusaha-pengusaha lokal daerah yang dihimpun HIPMI bersama Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia).

Baca juga: UMKM Kerajinan, Aksesoris, hingga Pertanian Jabar Didorong Ekspor

Ilustrasi UMKM Indonesia siap eksporDok. Shutterstock Ilustrasi UMKM Indonesia siap ekspor

Terdapat produk mulai dari makanan olahan, pakaian, kerajinan tangan, hingga teknologi robotik buatan wirausaha muda Indonesia yang ditampilkan.

Sekjen BPP HIPMI Bagas Adhadirgha menyatakan, kegiatan pameran seperti ini merupakan upaya HIPMI sebagai organisasi pengusaha membantu mengenalkan produk dari daerah agar dikenal di level Nasional bahkan internasional.

“Tujuan kita akan membawa Indonesia maju di tahun 2045 bersama Hipmi dengan cara-cara seperti HIPMI Expo ini,” kata Bagas dalam siaran pers, Sabtu (11/6/2022).

Ditambahkan Bagas, pada peringatan HIPMI 50 tahun dengan mengusung tema bersama mewujudkan Indonesia Emas 2045, kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus digelorakan secara berkelanjutan.

Baca juga: Produk Kerajinan Enamel Batik Asal Yogyakarta Tembus Pasar Belanda

Untuk mencapai tujuan pada tahun 2045, Indonesia bisa ekonomi terbesar keempat di dunia. Syaratnya adalah 14 persen jumlah penduduk harus menjadi wirausaha.

Ini menjadi tugas pemerintah dan HIPMI, karena saat ini baru 3,1 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang menjadi wirausaha.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com