Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2022, 14:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Move

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kali membuka kulkas, ada saja hal-hal yang membuat kepala pusing, dari bahan-bahan makanan yang penuh, kulkas yang berantakan, hingga kulkas yang kotor dan berbau. 

Padahal, masalah-masalah tersebut dapat membuat kulkas tidak bekerja maksimal untuk mendinginkan serta mengawet bahan makanan. 

Baca juga: Cara Tepat Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas agar Tahan Lama

Karena itu, penting meluangkan waktu untuk membersihkan kulkas secara teratur. Sayangnya, membersihkan kulkas bukan pekerjaan rumah tangga yang menyenangkan dan dapat memakan banyak waktu.

Selain membuat bekerja optimal, membersihkan kulkas dapat memperpanjang usia peralatan dan menghindari sakit kepala tadi karena membuka kulkas selalu dalam keadaan bersih dan berkilau. 

Dilansir dari My Move, Minggu (5/6/2022), berikut langkah cepat membersihkan kulkas secara mendalam. 

Baca juga: Ketahui, Ini Jarak Ideal Meletakkan Kulkas Berdekatan dengan Dinding 

Matikan daya

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas. SHUTTERSTOCK/CELTSTUDIO Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas.
Sebelum membersihkan kulkas, matikan aliran listrik karena pintu kulkas perlu dibuka cukup lama, jadi tidak ada gunanya membuang-buang energi saat membersihkan.

Cabut steker kulkas atau jika tidak ingin memanjat di belakangnya, matikan daya di kotak sekering atau pemutus arus.

Setelah memutuskan aliran listrik, buka pintu freezer untuk mencairkan es. Ini juga bertujuan agar tangan tidak dingin saat membersihkannya. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekuranngan Kulkas Pintu 1 dan 2, Mana yang Terbaik? 

Transfer makanan

Jika ingin mengerjakan proyek ini dengan terburu-buru, Anda bisa mengambil semua makanan dan meletakkannya di konter.

Namun, apabila memiliki kulkas yang lebih besar, Anda membutuhkan banyak waktu untuk membersihkannya dan tidak boleh terburu-buru melakukannya.

Untuk bahan makanan yang gampang rusak seperti produk susu, daging, ikan, dan sayuran, masukkan ke freezer terlebih dulu untuk mengulur waktu sambil membersihkan bagian kulkas. 

Ambil bagian yang dapat dilepas seperti rak kaca dan laci yang lebih tajam dan letakkan di atas meja guna memudahkan pembersihan serta menghindari keretakan. 

Baca juga: Bahaya Menyimpan Buah dan Sayuran ke Kulkas Memakai Kantong Plastik 

Bersihkan kulkas 

Ilustrasi membersihkan kulkasShutterstock/Andrew Rafalsky Ilustrasi membersihkan kulkas
Hindari menggunakan produk pembersih kimia saat membersihkan kulkas karena tidak boleh bersentuhan dengan makanan, bahkan secara tidak langsung.

Sebaliknya, pilih opsi yang aman untuk makanan. Anda dapat membuat pasta dari baking soda dan air untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Gunakan semprotan setengah cuka dan setengah air untuk pembersihan umum. Handuk basah bisa sangat membantu dalam mengambil partikel dari semua sudut dan celah kecil di dalam kulkas. 

Baca juga: 3 Tips Menjaga Bahan Makanan di Kulkas Tetap Dingin Saat Mati Lampu 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com