Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Perlu Memberikan Jarak antara Kulkas dan Dinding

Kompas.com - 17/05/2022, 17:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki fungsi mengawetkan dan menyimpan bahan makanan untuk jangka waktu lama membuat kulkas menjadi salah satu peralatan elektronik yang hampir dimiliki setiap rumah

Akan tetapi, satu hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli kulkas adalah ukurannya. 

Baca juga: 8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Kulkas Bekas

Banyak peralatan elektronik rumah tangga yang membutuhkan jarak saat menempatkannya dan meletakkannya dengan hati-hati untuk meningkatkan kinerja, keamanan, serta efisiensi kulkas.

Jadi, penting mempertimbangkan jarak antara kulkas dan dinding sebelum membeli atau meletakkannya. Lantas, berapa jarak antara kulkas dan dinding? 

Dilansir dari Mr Appliance, Selasa (17/5/2022), desain dan rekayasa kulkas telah berkembang selama beberapa dekade terakhir.

Baca juga: 5 Cara Membuat Kulkas Tua Lebih Efisien dan Hemat Listrik

Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas French Door, Ilustrasi lantai kayu di dapur.SHUTTERSTOCK / PhotoMavenStock Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas French Door, Ilustrasi lantai kayu di dapur.
Salah satu perubahan paling signifikan adalah relokasi kumparan dari bagian belakang unit ke dasar.

Penempatan di belakang ini memberikan jarak lebih alami antara kumparan dan dinding untuk meningkatkan sirkulasi udara serta memungkinkan panas yang dihasilkan menghilang. 

Namun, dengan konfigurasi baru, menempatkan kulkas di sebelah dinding terlalu dekat dapat menghambat aliran udara dan mencegah kumparan panas yang berasal dari pendinginan.

Tanpa ventilasi memadai, kulkas dapat menjadi terlalu panas dan unit dapat langsung menunjukkan gejala atau memburuk secara perlahan seiring berjalannya waktu. 

Selain itu, kulkas mengalami beberapa masalah, di antaranya pendinginan tidak memadai, pengoperasian yang tidak biasa atau keras, kenaikan biaya energi yang berlebihan, masalah atau kegagalan kondensor atau kompresor, kegagalan sistem, hingga sering melakukan perbaikan.   

Baca juga: 4 Mitos Penggunaan Kulkas yang Tidak Perlu Dipercaya

Berapa jarak ideal antara kulkas dan dinding?

Kebanyakan kulkas saat ini berukuran lebih besar daripada model sebelumnya karena kebutuhan akan peningkatan kapasitas, kelonggaran untuk desain berdampingan, dan  mengakomodasi ruang freezer yang lebih besar di bagian atas atau bawah.

Untuk memungkinkan ventilasi kompresor yang memadai, ukur kulkas dengan memperhatikan hal-hal berikut: 

Baca juga: 5 Cara Membuat Kulkas Tua Lebih Efisien dan Hemat Listrik

Jarak samping: Rencanakan jarak antara 1,27 hingga 2,5 sentimeter pada kedua sisi unit.

Jarak belakang: Berikan ruang antara 2,5 hingga lima sentimeter pada bagian belakang kulkas untuk aliran udara yang tepat.

Jarak atas: Pastikan ada jarak minimum 1,27 hingga 2,5 sentimeter pada bagian atas unit kulkas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com