Kompas.com - 17/05/2022, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam beberapa film tertentu, mungkin kamu pernah melihat seorang koki tengah mengasah pisau dapur mengunakan pisau lain.

Mereka akan memegang dua pisau untuk digesekkan secara bersamaan pada masing-masing permukaan pisau sebelum digunakan untuk mengiris daging atau bahan dapur lainnya.

Baca juga: Cara Menajamkan Pisau Dapur yang Tumpul dengan Mug Keramik

Hal ini mungkin membuat kamu bertanya-tanya apakah pisau dapur dapat diasah menggunakan pisau lain? 

Namun, dilansir dari Kitchen Sheer, Selasa (17/5/2022), mengasah pisau dapur menggunakan pisau lain sebaiknya tidak dilakukan. 

Untuk mengasah pisau, membutuhkan material yang jauh lebih keras dari mata pisau itu sendiri. Jika menajamkannya dengan pisau lain, mata pisau akan menjadi tumpul atau membuat pisau tergores.

Baca juga: Cara Menajamkan Pisau Dapur Menggunakan Batu Asah

Ilustrasi pisau, ilustrasi mengasah pisau.SHUTTERSTOCK / Yuriy Golub Ilustrasi pisau, ilustrasi mengasah pisau.
Tentu saja, hal ini tidak diinginkan. Pasalnya, pisau yang tumpul dapat menyulitkan kegiatan memasak.

Bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia kuliner, pisau merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan memasak.

Untuk itu, menjaga pisau tetap tajam sangatlah penting. Mengasah pisau menggunakan pisau lain hanya akan membuat pisau semakin tumpul. Lantas, mengasah pisau harus menggunakan apa? 

Baca juga: 5 Tips Merawat Pisau agar Tetap Tajam, Bebas Karat, dan Tahan Lama

Mengasah pisau ke material logam

Pisau memang tidak bisa ditajamkan menggunakan pisau lain, tetapi tetap bisa diasah dengan menggeseknya ke material logam, yang juga menjadi material pembuat pisau. Proses ini dinamakan honing (mengasah).

Mengasah pisau atau honing berarti kamu meluruskan kembali ujung pisau agar dapat melakukan pemotongan yang lebih halus dan aman. 

Biasanya, honing steel atau sharpening steel digunakan untuk menjaga bilah pisau tetap lurus dan tajam. Bentuknya mirip seperti obeng dan penggunaannya cukup mudah.

Baca juga: 3 Cara Sederhana Mengasah Pisau Dapur yang Tumpul

Caranya, cukup memegang sharpening steel secara vertikal dan geser bilah pisau pada alat itu pada sudut 15 derajat menggunakan gerakan kiri ke kanan.

Pastikan membiarkan sharpening steel menyentuh semua bilah pisau di setiap gerakan. Cara ini harus dilakukan di kedua sisi selama beberapa kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.