Kompas.com - 17/05/2022, 16:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama menjadi salah satu musuh utama tanaman untuk bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Sayangnya, keberadaan hama ini tak bisa dihindari ketika merawat tanaman, terlebih ketika tanaman masuk dalam periode mekar atau berbuah. Ini merupakan waktu yang disukai hama untuk berkembang dan merusak tanaman. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Memberi Ketenangan dan Memurnikan Udara di Kamar Tidur

Hama dapat menyerang tanaman dengan cara berbeda, bahkan dapat menyebabkan tanaman mati. Namun, menerapkan insektisida tepat waktu dapat mencegah hama. 

Selain pestisida kimia, Anda bisa membuat pestisida alami menggunakan bahan alami seperti dilansir dari Decor Tips, Selasa (17/5/2022). 

Baca juga: Kenali, 3 Hama Penyebab Daun Cabai Mengeriting dan Solusinya

Lada hitam

Ilustrasi lada hitam. SHUTTERSTOCK/YAN ELOY Ilustrasi lada hitam.
Ini adalah salah satu bahan paling efektif untuk memerangi hama yang suka memakan tanaman. Lada hitam sangat pedas dan tajam sehingga bisa mencegah hama mengganggu tanaman. 

Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan botol semprot, saringan, enam sampai sepuluh cabai apa saja, dua gelas air, dan beberapa lada hitam. 

Langkah pertama membuat insektisida lada hitam ini adalah menghaluskan cabai, lalu masukkan ke botol semprot, tambahkan secangkir air dan merica. 

Aduk rata semua bahan serta diamkan semalaman agar bahan mengendap di dasar botol. Keesokan harinya, gunakan saringan untuk memisahkan bahan dari cairan, kemudian masukkan kembali cairan bebas residu ke botol semprot .

Terakhir, isi botol semprot dengan secangkir air lagi. Campuran ini bisa langsung diaplikasikan pada tanaman. 

Baca juga: 5 Cara Membasmi Hama Agas pada Tanaman Dalam Ruangan 

Baking soda 

Selain lada hitam, baking soda juga bisa digunakan untuk membuat insektisida alami. Untuk membuat, ambil dua atau tiga sendok makan baking soda, lalu masukkan ke botol semprot, dan tambahkan air. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber decor tips
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.