Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menjaga Bahan Makanan di Kulkas Tetap Dingin Saat Mati Lampu

Kompas.com - 19/05/2022, 14:39 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa bahan makanan yang perlu diletakkan dalam suhu dingin guna menjaga kesegarannya dan tidak mudah membusuk.

Walhasil, kulkas menjadi peralatan elektronik yang kerap digunakan untuk memperoleh manfaat tersebut. Kulkas mampu membantu menjaga kesegaran serta memperpanjang usia bahan makanan dan minuman. 

Baca juga: 11 Buah dan Sayuran yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Untuk menjalankan tugasnya, kulkas membutuhan tenaga listrik. Namun, saat mati lampu atau listrik padam, kulkas sama sekali tidak bekerja. 

Tak heran, mati lampu menjadi situasi yang cukup menantang bagi orang-orang yang gemar menyimpan banyak bahan makanan dalam kulkas, terlebih yang mudah membusuk. 

Untungnya, disadur dari American Home Shield, Kamis (19/5/2022), ada beberapa tips  menjaga bahan makanan di kulkas tetap dingin saat mati lampu agar tidak membusuk seperti berikut ini. 

Baca juga: Bolehkah Memindahkan Kulkas dengan Cara Dibaringkan?

Manfaatkan cooler

Ilustrasi kulkas, lemari es, menyimpan makanan di kulkas. SHUTTERSTOCK/ANNA HOYCHUK Ilustrasi kulkas, lemari es, menyimpan makanan di kulkas.

Mati lampu kerap terjadi secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan terlebih dulu. Jika memiliki cooler, sebaiknya jangan ditaruh di tempat yang sulit dijangkau agar memudahkan  menggunakannya untuk menjaga makanan tetap dingin saat mati lampu.

Gunakan es batu yang dibeli di warung atau es batu yang sudah ada di kulkas. Es batu dapat membantu makanan tetap dingin ketika kamu  menaruhnya di cooler atau freezer dan kompartemen kulkas selama mati lampu. 

Baca juga: 7 Tips Mengatur Bahan Makanan di Kulkas Menurut Para Ahli

Jangan buka tutup kulkas dan freezer

Membuka kulkas atau freezer selama pemadaman listrik bukan ide baik.

Biarkan kulkas tertutup agar bahan makanan yang disimpan di dalamnya tetap dalam kondisi dingin sehingga tetap segar serta tidak membusuk.

Baca juga: Amankah Menaruh Kulkas di Samping Oven?

Jaga kondisi kulkas

Melakukan perawatan rutin pada kulkas dan freezer dapat menjaga unit tetap dalam kondisi yang bagus dan bekerja optimal. 

Apabila freezer terlihat mulai kesulitan untuk membekukan makanan dengan benar atau kulkas mengeluarkan suara aneh, segera memperbaikinya sebelum masalahnya semakin membesar.

Kulkas dan freezer yang bekerja optimal dalam mendinginkan dan membekukan makanan dapat meningkatkan kinerjanya menjaga makanan tetap segar selama mati lampu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com