Kompas.com - 17/05/2022, 22:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas merupakan peralatan elektronik dapur yang berfungsi mendinginkan dan mengawetkan berbagai bahan makanan, di antaranya buah, sayuran, daging-dagingan, ikan, telur, dan aneka minuman. 

Tak heran, kulkas menjadi peralatan elektronik yang selalu menyala atau tercolok sepanjang waktu serta membukanya beberapa kali dalam sehari. 

Baca juga: 5 Tips Menyimpan Ikan di Kulkas agar Awet Selama Sebulan

Namun, seiring waktu, bahan makanan ini bisa rusak, membusuk, dan kedaluwarsa lantaran salah menata atau meletakkannya. Bahkan, penataan yang salah juga bisa membuat kulkas tidak bekerja optimal. 

Untungnya, dengan sedikit pembersihan dan pengorganisasian, kulkas bisa kembali bekerja efektif dan kondisi prima dalam waktu singkat.

Untuk mengetahui cara mengatur kulkas seperti seorang profesional, beberapa ahli penataan kulkas membagikan triknya mengatur bahan makan di kulkas dilansir dari My Domaine, Selasa (17/5/2022). 

Baca juga: 8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Kulkas Bekas

Periksa semua bahan makanan di kulkas 

Ilustrasi kulkasUnsplash/ello Ilustrasi kulkas
Sebelum mengatur kulkas, Anda perlu melakukan inventarisasi. Keluarkan semua bahan makanan dari kulkas dan pilih secara selektif.

Holly Blakey, penyelenggara profesional di Breathing Room, mengatakan harus mengeluarkan semua bahan makanan dari kulkas, lalu memeriksa tanggal kedaluwarsa, membersihkan permukaan, dan mengkategorikannya. 

“Yang paling penting adalah memulai dengan yang bersih,” katanya. 

Buang makanan kedaluwarsa, buang sisa makanan lama, dan buang makanan yang tidak lagi dikonsumsi. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Kulkas Tua Lebih Efisien dan Hemat Listrik

Susun makanan sesuai kategori 

Salah satu cara mudah mengatur kulkas adalah menyusun atau mengurutkan bahan makanan ke dalam kategori. Tempatkan buah-buahan di satu kelompok, sayuran di kelompok lain, bumbu di kelompok lain, dan seterusnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber My Domaine
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.