Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memiliki Hewan Peliharaan? Pertimbangkan 6 Biaya Tak Terduga Ini

Kompas.com - 30/05/2022, 18:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan di rumah tak hanya memastikan nutrisi dan kebutuhan kandangnya terpenuhi, tetapi ada beberapa hal tak terduga yang harus dipersiapkan.

“Memiliki hewan peliharaan melibatkan banyak biaya, tapi kebanyakan orang tidak mempertimbangkannya,” kata Paola Cuevas, dokter hewan dan ahli perilaku hewan dilansir dari Apartment Therapy, Senin (30/5/2022).

Biaya memiliki hewan peliharaan ini terkadang tak terduga. Nah, berikut beberapa anggaran tak terduga yang harus disediakan ketika memiliki hewan peliharaan di rumah. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Tempat Penitipan Hewan Peliharaan Menurut Dokter Hewan 

Pemeliharaan dan pencegahan 

Ilustrasi anjing, ilustrasi memeriksakan kesehatan anjing ke dokter hewan.Shutterstock/Friends Stock Ilustrasi anjing, ilustrasi memeriksakan kesehatan anjing ke dokter hewan.
Sebagai pemilik hewan, Anda tentu ingin memastikan sahabat bulu tetap sehat. Risiko kecelakaan pada hewan peliharaan dapat terjadi, tetapi Anda dapat mencegahnya dengan mengambil tindakan proaktif dan mengetahui anggaran tersebut. 

Prosedur perawatan hewan peliharaan seperti vaksinasi, obat cacing, serta pencegahan kutu dan jamur akan menjaga hewan tetap sehat. 

Baca juga: 6 Persiapan Sebelum Pindah ke Rumah Baru dengan Hewan Peliharaan

Langkah lain yang diperlukan adalah memandulkan atau mensterilkan hewan peliharaan. “Jika mengadopsi anjing atau kucing dari tempat penampungan, kemungkinan besar mereka sudah dimandulkan atau dikebiri,” kata teknisi vet berlisensi di Amber LaRock.

Selain itu, penting merawat kesehatan gigi hewan. Perawatan rutin meliputi menyikat gigi dengan sikat dan pasta gigi khusus hewan peliharaan dan melakukan pembersihan tahunan.

Hewan peliharaan membutuhkan pembersihan gigi profesional setidaknya setahun sekali,” ucap Cuevas. 

Baca juga: 5 Anjuran dan Larangan Mencampur Makanan Hewan Peliharaan 

Biaya medis yang tidak terduga

Ilustrasi kucing Ragdoll.Shutterstock/MirasWonderland Ilustrasi kucing Ragdoll.

Cuevas mengatakan hewan peliharaan yang sakit tak jarang membutuhkan pembedahan dan perawatan kritis darurat. Perawatan itu memiliki biaya yang mahal.

Sayangnya, penganggaran untuk jenis pengeluaran ini rumit karena harganya bervariasi dari satu kasus ke kasus lainnya. Akibatnya, banyak pemilik hewan yang menyiapkan anggaran untuk perawatan ini. 

Baca juga: 5 Tips Membasmi dan Mencegah Kutu pada Hewan Peliharaan  

Pelatihan perilaku hewan 

Butuh beberapa saat bagi hewan peliharaan baru untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Untuk itu, sangat penting menetapkan batasan dan menjaga hewan peliharaan tetap aman serta nyaman. 

Salah satu cara terbaik menjaga anjing peliharaan tetap aman adalah mengatur sesi latihan perilaku bersama profesional.  

Makanan khusus

Banyak orang memilih makanan yang lebih murah, tetapi ini tidak berlaku untuk makanan hewan peliharaan. Sahabat bulu memerlukan makanan yang lebih mahal.

Beberapa anjing akan baik-baik saja dengan makanan lama, tetapi akhirnya menyebabkan masalah alergi. Sebaiknya, memilih makanan dengan harga terjangkau, tetapi tetap berkualitas. 

Baca juga: Tips Cepat untuk Menghilangkan Bau Hewan Peliharaan dari Rumah 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com