Kompas.com - 20/05/2022, 09:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sekadar memilih dan memberikan makanan untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing peliharaan, namun mengetahui komposisi yang pas menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Ini terutama jika mereka mulai kehilangan minat pada makannya. 

Namun demikian, jangan khawatir. Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghidupkan kembali kebiasaan makan hewan peliharaan, termasuk mencampur makanan hewan peliharaan.

 

Baca juga: 5 Tanda Sebaiknya Ganti Makanan Kucing

Ilustrasi anjing makan.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi anjing makan.

Akan tetapi, dilansir PetMD, Jumat (20/5/2022), sebelum Anda mulai, berikut adalah beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk mencampur makanan hewan peliharaan.

1. Pertimbangkan mencampur makanan dengan bentuk, tekstur, dan aroma yang berbeda

Bentuk , tekstur dan aroma adalah salah satu atribut makanan hewan peliharaan yang paling penting yang menarik nafsu makan anjing atau kucing Anda. 

Cobalah untuk sedikit mengubahnya dengan menawarkan campuran makanan kepada hewan peliharaan dengan berbagai bentuk, tekstur, atau aroma. Hal ini bisa menjadi daya tarik untuk mereka. 

2. Konsultasikan ke dokter hewan terlebih dahulu

Banyak makanan hewan diformulasikan dengan tahapan kehidupan tertentu, gaya hidup dan terkadang bahkan kondisi kesehatan dalam pikiran.

Baca juga: 3 Makanan Kucing Berdasarkan Tahap Kehidupan

Mencampur makanan tanpa mempertimbangkan hal ini dapat secara tidak sengaja berdampak negatif pada hewan peliharaan, termasuk menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan, paparan berlebihan terhadap vitamin dan mineral tertentu, dan sebagainya.

Untuk itu, kunjungi dokter hewan terlebih dahulu sebelum mulai mencampur. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PetMD
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.