Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Memiliki Hewan Peliharaan? Pertimbangkan 6 Biaya Tak Terduga Ini

“Memiliki hewan peliharaan melibatkan banyak biaya, tapi kebanyakan orang tidak mempertimbangkannya,” kata Paola Cuevas, dokter hewan dan ahli perilaku hewan dilansir dari Apartment Therapy, Senin (30/5/2022).

Biaya memiliki hewan peliharaan ini terkadang tak terduga. Nah, berikut beberapa anggaran tak terduga yang harus disediakan ketika memiliki hewan peliharaan di rumah. 

Prosedur perawatan hewan peliharaan seperti vaksinasi, obat cacing, serta pencegahan kutu dan jamur akan menjaga hewan tetap sehat. 

Langkah lain yang diperlukan adalah memandulkan atau mensterilkan hewan peliharaan. “Jika mengadopsi anjing atau kucing dari tempat penampungan, kemungkinan besar mereka sudah dimandulkan atau dikebiri,” kata teknisi vet berlisensi di Amber LaRock.

Selain itu, penting merawat kesehatan gigi hewan. Perawatan rutin meliputi menyikat gigi dengan sikat dan pasta gigi khusus hewan peliharaan dan melakukan pembersihan tahunan.

“Hewan peliharaan membutuhkan pembersihan gigi profesional setidaknya setahun sekali,” ucap Cuevas. 

Cuevas mengatakan hewan peliharaan yang sakit tak jarang membutuhkan pembedahan dan perawatan kritis darurat. Perawatan itu memiliki biaya yang mahal.

Sayangnya, penganggaran untuk jenis pengeluaran ini rumit karena harganya bervariasi dari satu kasus ke kasus lainnya. Akibatnya, banyak pemilik hewan yang menyiapkan anggaran untuk perawatan ini. 

Pelatihan perilaku hewan 

Butuh beberapa saat bagi hewan peliharaan baru untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Untuk itu, sangat penting menetapkan batasan dan menjaga hewan peliharaan tetap aman serta nyaman. 

Salah satu cara terbaik menjaga anjing peliharaan tetap aman adalah mengatur sesi latihan perilaku bersama profesional.  

Makanan khusus

Banyak orang memilih makanan yang lebih murah, tetapi ini tidak berlaku untuk makanan hewan peliharaan. Sahabat bulu memerlukan makanan yang lebih mahal.

Beberapa anjing akan baik-baik saja dengan makanan lama, tetapi akhirnya menyebabkan masalah alergi. Sebaiknya, memilih makanan dengan harga terjangkau, tetapi tetap berkualitas. 

Bahkan, jika bekerja sehari penuh dan tidak ada orang mengurus hewan peliharan di rumah, Anda harus menyewa pengasuh hewan peliharaan untuk membantu hewan tetap terhibur dan bermain. 

Untuk itu, penting mempertimbangkan biaya penitipan ini sebelum memutuskan memiliki hewan peliharaan di rumah. 

Barang untuk memanjakan hewan peliharaan 

Saat merawat hewan peliharaan, Anda membutuhkan barang-barang tertentu seperti mangkuk, tempat tidur, dan tali saat mengajak hewan berjalan-jalan.

Ketika memelihara anjing dan kucing, Anda akan segera mengetahui bahwa mereka lebih dari sekadar hewan peliharaan. Mereka seperti anak-anak Anda dan sangat mudah memanjakannya dengan makanan, mainan, dan pakaian. 

Tentu saja, tidak ada yang salah dengan menyayangi hewan peliharaan, tetapi ingatlah biaya ini sejak awal sebelum memilikinya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/30/181100876/ingin-memiliki-hewan-peliharaan-pertimbangkan-6-biaya-tak-terduga-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke