Kompas.com - 24/05/2022, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai pilihan tempat penitipan hewan peliharaan yang tersedia, dari bersifat rumahan, klinik dokter hewan, hingga petshop. 

Keberadaan tempat penitipan hewan ini tentu memberi kemudahan bagi pemilik hewan untuk menitipkan hewan kesayangannya ketika bepergian jauh untuk waktu cukup lama.

Baca juga: Ini Ketentuan Perawatan Saat Menitipkan Hewan Peliharaan di Pet Hotel

Masing-masing tempat penitipan hewan atau pet hotel menawarkan sejumlah layanan yang berbeda dengan berbagai nominal tertentu.

Namun, sebelum memilih tempat penitipan yang tepat, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar kesehatan dan keamanan hewan tetap terjamin selama dititipkan. 

Kepada Kompas.com, Zulfikar Basrul Gandong, dokter hewan sekaligus Animal Welfare Advisor for Indonesia, Calon Dokter Hewan Karantina Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Ambon membagikan tips memilih tempat penitipan hewan. 

Baca juga: Jangan Menitipkan Hewan Peliharaan Sebelum Berkunjung ke Dokter

Kerja sama dengan dokter hewan

Ilustrasi anjing, ilustrasi grooming anjing.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi anjing, ilustrasi grooming anjing.

Zulfikar mengatkan tips pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan tempat penitipan hewan peliharan memiliki atau bekerja sama dengan dokter hewan yang rutin melakukan pemantauan.

Saat ini, ada beberapa tempat penitipan hewan yang bekerja sama dengan dokter hewan untuk memeriksa kesehatan hewan sebelum menitipkannya. 

Pemeriksaan berkala ini dilakukan guna memastikan hewan peliharaan dalam keadaan sehat dan melihat apakah ada yang membutuhkan perawatan medis khusus atau tidak selama dititipkan 

Baca juga: 5 Tips Memilih Groomer yang Tepat untuk Anjing Peliharaan

Hewan peliharaan yang masuk akan dicek dan pas keluar pun dicek. Dokter hewan wajib melaporkan ke pemilik hewan atau klinik tentang kondisi, pola makan, dan lain-lain,” tutur dosen luar biasa program studi kedokteran hewan fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.