Kompas.com - 24/05/2022, 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu belakangan, dunia maya tengah digemparkan oleh kabar anjing peliharaan bernama Max yang meninggal dunia usai dititipkan selama 11 hari di sebuah pet hotel atau tempat penitipan hewan peliharaan di Tangerang Selatan, Banten. 

Berdasarkan keterangan resmi dari pemiliknya, July Liman, Max dititipkan di tempat tersebut pada 29 April 2022 karena ia beserta keluarga hendak mudik ke Bandung.

Baca juga: 3 Tips Memilih Tempat Penitipan Anjing yang Baik dan Tepat

Kepada Kompas.com, Sabtu (21/5/2022), July menjelaskan, Max masih berada di kandang yang sama saat pertama kali menitipkannya. Padahal, July sudah mengimbau kepada pihak penitipan untuk segera memindahkan Max ke kandang besar.

“Pas saya buka pintu, saya kaget kok masih di kandang ini dan sudah kaku badannya. Kotorannya masih nempel di badannya, bukan sudah disiram, bukan kotoran sisa, tapi kotoran utuh di badan dia, di bawah kandang, sama di bawah lantai,” tutur July.

Selain itu, July juga menemukan kulit dan bagian alat vital Max sudah robek serta berdarah akibat terjepit kandang selama 11 hari. 

Baca juga: Bolehkah Membawa Hewan Peliharaan Mudik? Ini Kata Dokter Hewan

Anjing juga bisa merasa frustrasi dan ini bisa menjadi kemungkinan penyebab anjing suka menggigit.UNSPLASH/BERKAY GUMUSTEKIN Anjing juga bisa merasa frustrasi dan ini bisa menjadi kemungkinan penyebab anjing suka menggigit.

Meski sudah menjalani sejumlah operasi sesaat setelah diambil dari penitipan tersebut, nyawa Max tak tertolong. Max akhirnya meninggal pada Selasa (17/5/2022).

Menilik kabar ini, warganet pun berbondong-bondong mengajukan petisi daring untuk meminta pertanggungjawaban pihak penitipan hewan tersebut lantaran lalai dan tidak merawat Max dengan baik 

Lantas, bagaimana ketentuan perawatan dari tempat penitipan hewan peliharaan terhadap hewan-hewan yang dititipkan? 

Baca juga: 6 Persiapan Sebelum Pindah ke Rumah Baru dengan Hewan Peliharaan

Ketentuan perawatan hewan peliharaan

Zulfikar Basrul Gandong, dokter hewan sekaligus Animal Welfare Advisor for Indonesia, Calon Dokter Hewan Karantina Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Ambon, menjelaskan umumnya pet hotel atau tempat penitipan hewan peliharaan akan mengikuti jadwal perawatan yang telah diberikan pemilik hewan.

“Tergantung dari manajemennya, biasanya ada kayak tambahan-tambahan seperti grooming sebelum diambil atau dikasih obat kutu. Tergantung tempatnya, tetapi secara umum belum ada ketentuan tentang perawatan hewan peliharaan di pet hotel,” ujar dosen luar biasa program studi kedokteran hewan fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (23/5/2022).

Baca juga: 5 Tips Memilih Groomer yang Tepat untuk Anjing Peliharaan

Ilustrasi anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan ke malShutterstock/heychli Ilustrasi anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan ke mal

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.