Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Ketentuan Perawatan Saat Menitipkan Hewan Peliharaan di Pet Hotel

Berdasarkan keterangan resmi dari pemiliknya, July Liman, Max dititipkan di tempat tersebut pada 29 April 2022 karena ia beserta keluarga hendak mudik ke Bandung.

Kepada Kompas.com, Sabtu (21/5/2022), July menjelaskan, Max masih berada di kandang yang sama saat pertama kali menitipkannya. Padahal, July sudah mengimbau kepada pihak penitipan untuk segera memindahkan Max ke kandang besar.

“Pas saya buka pintu, saya kaget kok masih di kandang ini dan sudah kaku badannya. Kotorannya masih nempel di badannya, bukan sudah disiram, bukan kotoran sisa, tapi kotoran utuh di badan dia, di bawah kandang, sama di bawah lantai,” tutur July.

Selain itu, July juga menemukan kulit dan bagian alat vital Max sudah robek serta berdarah akibat terjepit kandang selama 11 hari. 

Meski sudah menjalani sejumlah operasi sesaat setelah diambil dari penitipan tersebut, nyawa Max tak tertolong. Max akhirnya meninggal pada Selasa (17/5/2022).

Menilik kabar ini, warganet pun berbondong-bondong mengajukan petisi daring untuk meminta pertanggungjawaban pihak penitipan hewan tersebut lantaran lalai dan tidak merawat Max dengan baik 

Lantas, bagaimana ketentuan perawatan dari tempat penitipan hewan peliharaan terhadap hewan-hewan yang dititipkan? 

Ketentuan perawatan hewan peliharaan

Zulfikar Basrul Gandong, dokter hewan sekaligus Animal Welfare Advisor for Indonesia, Calon Dokter Hewan Karantina Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Ambon, menjelaskan umumnya pet hotel atau tempat penitipan hewan peliharaan akan mengikuti jadwal perawatan yang telah diberikan pemilik hewan.

“Tergantung dari manajemennya, biasanya ada kayak tambahan-tambahan seperti grooming sebelum diambil atau dikasih obat kutu. Tergantung tempatnya, tetapi secara umum belum ada ketentuan tentang perawatan hewan peliharaan di pet hotel,” ujar dosen luar biasa program studi kedokteran hewan fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (23/5/2022).

Meski demikian, pet hotel tetap memberikan makan dan minum untuk hewan yang dititipkan setiap pagi dan malam hari. 

Namun, hal ini kembali lagi pada jadwal yang sudah diberikan pemilik hewan. Sebab, setiap hewan memiliki perawatan berbeda seperti beberapa hewan butuh makan sebanyak tiga kali sehari atau memiliki program diet.

“Ketentuan-ketentuan perawatan bisa dibicarakan lagi. Dari manajemen pet hotel biasanya ada dokumen yang diberikan sebelum hewan dititipkan. Kalau ada permintaan khusus bisa dikomunikasikan,” imbuh Zulfikar.

Lebih lanjut, biasanya pet hotel juga menawarkan paket penitipan seperti paket biasa atau paket khusus. Dalam paket ini, pet hotel menawarkan jenis makanan dan layanan lain yang ditawarkan.

Selain itu, pet hotel umumnya juga memiliki informasi terkait dengan kandang yang  digunakan untuk menampung hewan peliharan yang akan dititipkan.

Zulfikar mengatakan pemilik hewan akan menitipkan hewan peliharaannya ke pet hotel dengan membawanya menggunakan kandang khusus untuk bepergian.

“Ini juga karena enggak mungkin membawa kandang besar, kecuali pemiliknya punya dan mau menggunakannya,” ucap Zulfikar.

Saat pihak pet hotel sudah menerima hewan peliharaan yang dititipkan, mereka sudah bertanggung jawab penuh atas kesejahteraan hewan tersebut, termasuk dari segi makanan dan kandang.

“Kalau hewan peliharaan memiliki kebutuhan khusus atau pemilik mengajukan permintaan khusus, pihak pet hotel yang diberi tahu sudah wajib mengikuti arahan dari pemilik hewan peliharaan,” tegas Zulfikar.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/24/115200276/ini-ketentuan-perawatan-saat-menitipkan-hewan-peliharaan-di-pet-hotel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke