Kompas.com - 24/05/2022, 09:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan desain dan dekorasi, memilih peralatan dapur juga tidaklah mudah.

Ada begitu banyak variasi untuk dipilih sehingga sulit mengetahui mana yang harus dimiliki dan tidak dipunyai. Namun, memilih peralatan dapur tidak hanya berkualitas, tapi juga sesuai dengan kebutuhan dan tidak ketinggalan zaman. 

Baca juga: 6 Perawatan yang Dapat Membuat Peralatan Dapur Tahan Lama

Pasalnya, peralatan ini membantu kegiatan sehari-hari di dapur seperti memasak dan menyiapkan makanan, baik itu peralatan elektronik maupun konvensional. 

Peralatan dapur sendiri meliputi panci, wajan, talenan, gelas, piring, kulkas, oven, mesin pencuci piring, dan microwave. Selain tidak mudah, memilih peralatan yang tepat untuk dapur sering kali membuat bingung. 

Untuk membantu Anda membuat keputusan mudah, dikutip dari My Decorative, Kamis (24/5/2022), berikut beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih peralatan dapur. 

Baca juga: 5 Peralatan Dapur Terbaik di Kelasnya yang Wajib Dimiliki 

Biaya perawatan 

Ilustrasi dapur, kitchen islandUnsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi dapur, kitchen island
Membeli peralatan dapur tentu Anda juga harus mempertimbangkan perawatan yang dibutuhkan setiap peralatan.

Banyak perusahaan peralatan mengenakan biaya tambahan untuk setiap penawaran sehingga mereka dapat menutupi kerusakan peralatan dan uang ini dapat digunakan untuk pemeliharaan peralatan Anda. 

Baca juga: Bahaya Menggunakan Peralatan Dapur yang Sama Saat Menyiapkan Makanan

Pilih ukuran yang sesuai dengan ruangan

Peralatan elektronik dapur tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat memakan banyak ruang. Untuk itu, pikirkan peralatan penting yang ingin Anda miliki tanpa memakan tempat, menghabiskan terlalu banyak biaya, atau cukup serbaguna.

Sebaiknya, memilih peralatan dengan ukuran lebih kecil dari apa yang Anda cari, lalu pindah ke peralatan yang lebih signifikan atau besar saat dapur memiliki lebih banyak ruang untuk bekerja.

Pilih peralatan dapur yang hemat energi 

Beberapa peralatan elektronik dapur dapat mengonsumsi banyak daya listrik sehingga menghabiskan banyak uang saat menggunakannya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.