Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Memilih Tempat Penitipan Anjing yang Baik dan Tepat

Kompas.com - 17/09/2021, 21:23 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Penitipan anak anjing adalah pilihan tepat untuk pemilik hewan yang sibuk atau sedang ada acara di luar kota dan tidak ingin meninggalkan anak kecil berbulu mereka sendirian di rumah.

Tapi, tentu memilih tempat penitipan anjing tak boleh sembarangan. Sebab, hal ini menyangkut kesehatan dan keselamatan anjing selama di luar pengawasan.

Amy Rosenthal, pemilik Metro Dogs Daycare & Boarding yang berbasis di Minneapolis, memberi informasi tentang apa saja yang harus dipertimbangkan ketika memilih tempat penitipan anjing yang tepat. Melansir dari Better Homes & Gardens pada Jumat (17/9/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: Fakta Unik Ras Anjing Akita Inu yang Setia dan Menggemaskan

Fasilitas yang dimiliki

Ilustrasi anjing pudel. PIXABAY/CARAH_ Ilustrasi anjing pudel.

Sebaiknya perhatikan bahwa lingkungan tempat penitipan anjing harus dalam keadaan bersih dan sanitasi baik. Selain itu, bandingkan juga fasilitas antara satu tempat penitipan dengan tempat lainnya.

Misalnya, pilih tempat penitipan yang menggunakan kandang berpagar tertutup dan kokoh sehingga meminimalisir kemungkinan anjing kabur atau bertengkar dengan anjing lainnya. Tak hanya itu, perhatikan juga ventilasi udara, lantai yang aman, dan perlengkapan lainnya.

Baca juga: 5 Jenis Buah yang Aman Dikonsumsi Anjing

Pastikan anjing dikelompokkan atau dipisahkan dengan baik

Penitipan anjing besar biasanya membagi anjing ke dalam ruang bermain yang berbeda berdasarkan berbagai faktor.

"Beberapa fasilitas mungkin memiliki semua mainan anjing dalam satu ruangan. Tapi, tempat penitipan yang baik harusnya memisahkan anjing berdasarkan ukuran, temperamen, dan gaya bermain" ujar Rosenthal.

Hal ini mengingat tidak semua anjing berukuran besar atau kecil jika disatukan dalam satu ruangan dapat akur, sehingga untuk meminimalisir hal itu, sebaiknya pilih penitipan anjing yang memiliki fasilitas pemisah.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Perawatan Anjing

Tanyakan tentang kebijakan perawatan tempat penitipan anjing

Anjing yang sakit akan memiliki perubahan perilaku atau kebiasaan.Unsplash/Priscilla Du Preez Anjing yang sakit akan memiliki perubahan perilaku atau kebiasaan.

Beberapa tempat penitipan anjing menggunakan camilan sebagai penghargaan saat anjing berperilaku baik, namun beberapa tempat tidak melakukan itu.

Tanyakan kepada manajer penitipan anak tentang penggunaan camilan mereka dan pastikan untuk memberi tahu mereka jika anjingmu menunjukkan perilaku agresif di sekitar makanan.

Selain itu, beritahukan juga apakah anjingmu memiliki riwayat makanan dan kesehatan tertentu sebaiknya konsultasikan juga dengan tempat penitipan anjing.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com