Kompas.com - 24/05/2022, 13:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang tidak bisa mengajak hewan peliharaan tersayang saat sedang bepergian, entah karena jarak yang ditempuh cukup jauh atau pilihan transportasi yang kurang memadai.

Walhasil, pet hotel atau tempat penitipan hewan menjadi alternatif untuk menitipkan hewan peliharaan selama ditinggal bepergian, terlebih saat tidak ada kerabat atau keluarga yang bisa menjaga sahabat bulu. 

Baca juga: 3 Tips Memilih Tempat Penitipan Anjing yang Baik dan Tepat

Umumnya, tempat penitipan hewan memiliki paket penitipan yang menawarkan jenis makanan, informasi seputar kandang, dan layanan lain yang ditawarkan dengan harga tertentu.

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir akan kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan hewan peliharaan selama dititipkan.

Meski begitu, jangan langsung menitipkan hewan peliharaan di tempat penitipan sebelum berkunjung ke dokter hewan. 

Hal ini disampaikan Zulfikar Basrul Gandong, dokter hewan, yang juga selaku Animal Welfare Advisor for Indonesia, Calon Dokter Hewan Karantina Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Ambon. 

Baca juga: Bolehkah Membawa Hewan Peliharaan Mudik? Ini Kata Dokter Hewan

Keberadaan hewan peliharaan ternyata mampu menghambat penurunan fungsi kognitif pada lansia.PEXELS/ Thirdman Keberadaan hewan peliharaan ternyata mampu menghambat penurunan fungsi kognitif pada lansia.

Pet hotel adalah tempat untuk hewan-hewan yang sehat. Sehat berarti mereka bebas penyakit, vaksinasinya oke, dan bebas parasit, cacing, atau kutu,” ucap dosen luar biasa program studi kedokteran hewan fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, kepada Kompas.com, Senin (23/5/2022). dan

Hal ini berarti pemilik hewan peliharaan harus berkunjung terlebih dulu ke dokter hewan untuk memastikan sahabat bulu benar-benar dalam keadaan sehat.

Jika memaksakan diri menitipkan hewan peliharaan di tempat penitipan dan ternyata mereka membawa penyakit, hewan lain yang tengah dititipkan dapat tertular. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Menciptakan Rumah yang Ramah Hewan Peliharaan

Lebih lanjut, Zulfikar pun mengimbau sebaiknya manajemen tempat penitipan hewan peliharaan menyertakan syarat ini kepada semua pemilik hewan yang hendak menitipkan peliharaannya. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.