Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Plus Minus Memasang CCTV di Rumah Sebelum Membeli

Kompas.com - 30/05/2022, 15:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa kompleks dan rumah-rumah saat ini mulai menggunakan CCTV atau kamera keamanan guna meningkatkan keamanan lingkungan serta hunian mereka. 

Selain itu, CCTV juga memudahkan penghuni rumah memantau huniannya setiap saat dan dari jauh ketika sedang bepergian atau di luar. 

Baca juga: Ingin Pasang CCTV di Rumah? Ini yang Harus Diperhatikan

Akan tetapi, teknologi ini bisa menjadi pedang bermata dua. Tidak hanya menawarkan keuntungan, memiliki CCTV di rumah juga memberi kerugian bagi anggota keluarga

Dilansir dari A1 Security Cameras, Senin (30/5/2022), berikut keuntungan dan kekurangan memasang CCTV di rumah

Keuntungan memasang CCTV di rumah 

  • Mencegah tindak kejahatan

Ilustrasi CCTV di rumah, memasang CCTV di rumah. SHUTTERSTOCK/ELNUR Ilustrasi CCTV di rumah, memasang CCTV di rumah.

CCTV dapat mencegah kerusakan properti sekaligus mengurangi tindak kejahatan seperti mencegah orang tak kenal masuk dan perampokan. 

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, memasang CCTV di rumah perlu dilakukan demi mencegah tindak kejahatan dan mengurangi angka kriminalitas.

Sebuah studi dari University of North Carolina di Amerika Serikat (AS), mengungkapkan bahwa kamera keamanan luar ruangan mengurangi kemungkinan kejahatan properti setidaknya setengahnya.

Baca juga: 5 Lokasi Paling Strategis untuk Memasang Kamera CCTV di Rumah

  • Memantau aktivitas

Saat jauh dari rumah, selalu ada kekhawatiran bahwa akan terjadi sesuatu pada hunian, terlebih bagi para orang tua yang bekerja meninggalkan anak-anak. 

Dengan adanya, CCTV di dalam rumah dapat membantu memberikan ketenangan pikiran karena memungkinkan anggota keluarga untuk melakukan pemeriksaan sesering yang diperlukan. 

Baca juga: 6 Alasan Perlu Memasang CCTV di Rumah 

  • Mengumpulkan bukti

Ilustrasi CCTV di rumah, memasang CCTV di luar rumah.PIXABAY/JACOTHEWACKO Ilustrasi CCTV di rumah, memasang CCTV di luar rumah.

Memasang CCTV di tempat yang strategis sangat berguna untuk memantau tindakan dan perkataan orang atau memantau kejadian yang tengah berlangsung. 

Apalagi CCTV modern sudah dilengkapi dengan kemampuan menangkap video berkualitas tinggi dan audio. Gambar yang jernih serta suara yang sempurna membuatnya lebih efisien dalam merekam serangkaian kejadian.

Tentunya, ini bisa menjadi bukti tambahan yang akurat saat berhadap dengan masalah atau kasus hukum.  

Baca juga: Tips Merawat CCTV agar Berfungsi Maksimal dan Awet

  • Membantu memutuskan sesuatu

Selain menjadi bukti, rekaman CCTV dapat membantu mengambil keputusan tepat dan adil saat menyelesaikan suatu perselisihan seperti konflik domestik yang melibatkan anggota keluarga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com