Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2022, 18:45 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Gaya kamar minimalis yang terlihat elegan memang sangat digemari oleh kaum muda. Hanya saja untuk bisa membuat kamar tidur yang minimalis, kamu mungkin perlu mengeluarkan dana yang lebih untuk renovasi.

Apalagi bila gaya minimalis yang kamu inginkan seperti model kamar yang ada di dalam majalah. Namun, melansir dari Compact Appliance, Minggu (29/5/2022), ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan guna membuat kamar minimalis.

Baca juga: 5 Tips Menata Letak Kamar Tidur agar Lebih Lapang dan Nyaman

Memilih ranjang yang sederhana

Ranjang adalah titik fokus pada kamar. Sehingga kamu perlu memilih ranjang yang nyaman dan sederhana agar tak terlalu membuat kamar minimalis terkesan rame atau sempit.

Pilihan terbaik adalah dengan memilih ranjang yang memiliki rangka besi, kayu dengan sandaran kecil, atau ranjang tanpa bingkai.

Baca juga: Jangan Menumpuk Pakaian Kotor di Kamar Tidur, Ini Bahayanya

Membeli furnitur dengan warna netral

Supaya bisa menciptakan nuansa minimalis, kamu bisa memilih furnitur dengan warna yang netral seperti abu-abu, krem, hingga putih tulang.

Warna-warna netral tidak akan membuat furnitur kontras dengan konsep minimalis. Sehingga tak akan merusak estetika minimalis yang sudah kamu buat dengan susah payah di kamar.

Baca juga: Jangan Menumpuk Pakaian Kotor di Kamar Tidur, Ini Bahayanya

Memberikan pencahayaan alami di kamar

Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel. Shutterstock/onzon Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel.

Pencahayaan alami di kamar adalah pilihan terbaik untuk membuat kamar minimalis terkesan elegan. Hal ini karena akan membuat kamar terasa lebih modern dan terlihat konsep minimaslisnya.

Kamu hanya perlu memilih tirai kamar yang memiliki bahan tipis dan berwarna cerah. Sehingga cahaya matahari masih bisa masuk ke dalam kamar dengan intensitas yang cukup.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Udara di Kamar Tidur

Menggantung satu karya seni yang disukai

Gaya minimalis memang tak menyarankan untuk memasang pajangan dinding. Hanya saja jika kamu ingin memasang hiasan dinding, lebih baik hanya pasang satu saja.

Pilihlah karya seni atau lukisan yang paling kamu sukai. Kemudian pajang di sisi kepala tempat tidur. Sebaiknya jangan menaruh hiasan dinding lagi atau kamu bisa merusak kesan estetik kamar minimalis.

Baca juga: 4 Ide Dekorasi Dinding untuk Kamar Tidur Anak

Menambahkan tanaman hijau ke dalam kamar

Untuk sentuhan alami, kamu bisa menambahkan tanaman ke dalam kamar minimalis. Pilihlah tanaman yang tak akan membuat kamar terasa sesak. Misalnya saja seperti tanaman pohon ara dan bunga mawar atau lili yang baru saja dipetik.

Menggunakan lemari laci

Alih-alih menggunakan lemari besar, kamu bisa memilih lemari laci yang berguna untuk meredam visual kamar minimalis. Lemari laci akan memberikan nuansa bersih dan lebih terorganisir.

Baca juga: 4 Prinsip Feng Shui yang Harus Diperhatikan di Kamar Tidur

Menggunakan rak dinding

Kalau kamu suka memajang aksesoris, sebaiknya pilih satu rak gantung dan pasang di sudut kamar. Kemudian taruh beberapa pajangan yang kamu inginkan di sana.

Meski begitu, jangan terlalu banyak memasang rak di dalam kamar walaupun hanya rak dinding. Sebab, akan mengurangi kesan estetik dari konsep minimalis yang kamu bangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com