Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2022, 13:34 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur harus menjadi oasis yang tenang untuk bisa melepas lelah dan memberikan tidur yang berkualitas.

Meski furnitur yang nyaman dan warna menenangkan merupakan elemen penting, memastikan kamar tidur bebas kebisingan juga penting dilakukan. 

Dilansir dari Architectural Digest, Senin (23/5/2022), para desainer membagikan trik mengurangi kebisingan di kamar tidur. 

Baca juga: 5 Tips Menghadirkan Warna di Kamar Tidur untuk Memperoleh Ketenangan 

Gunakan pelapis dinding

Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel. Shutterstock/onzon Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel.
Dinding adalah alat penting ketika mencoba membuat kamar tidur kedap suara. Pelapis adalah tempat solusi yang baik untuk memulai.

"Dinding berlapis kain adalah cara bagus untuk mengurangi suara yang memantul di sekitar ruangan," saran desainer Leah Alexander.

Bagi mereka yang ingin menambahkan kesan glamor pada pelapis dinding, desainer Cami Weinstein merekomendasikan menambahkan pelapis beludru.

Namun, bila sudah memiliki wallpaper, tidak perlu melepasnya. “Di salah satu proyek kami, kami menempatkan gabus di bawah wallpaper,” ucap desainer Nancy Charbonneau.

Gabus adalah bahan penyerap kebisingan alami dan dapat membantu mengurangi suara bising. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Memberi Kesegaran di Kamar Tidur 

Pikirkan tekstil

Selanjutnya, gunakan headboard untuk mengatasinya kebisingan. “Headboard tinggi yang membungkus dinding ceruk tiga sisi menciptakan kepompong dan meredam suara,” Alexander menjelaskan.

“Barang lunak sangat membantu menyerap suara,” ujar desainer Stephanie Lindsey.

Perancang arsitektur, Anthony Wilder, mengatakan menggunakan tirai tebal dan karpet beraksen di sekitar tempat tidur atau karpet dari dinding ke dinding menjadi solusi baik meredam kebisiangan.

Pilih warna dan pola favorit Anda. “Item-item ini juga dapat memberikan peluang luar biasa untuk elemen desain yang unik,” Lindsey menambahkan.

Jangan malu menampilkan beberapa lukisan favorit Anda. Percaya atau tidak bahwa dekorasi dinding dapat memainkan peran fungsional. Setiap karya seni menambahkan lapisan kedap suara ke dinding. “Gantung karpet pada dinding,” imbuh Wilder. 

Baca juga: 4 Elemen Menarik yang Dapat Mempercantik Plafon Kamar Tidur Anak

Ganti jendela

Ilustrasi kamar tidur bergaya farmhouse. Shutterstock/jafara Ilustrasi kamar tidur bergaya farmhouse.
Perancang Heather DiSabella mengatakan bahwa mengurangi kebisingan di kamar tidur membutuhkan biaya mahal, tetapi memberi banyak manfaat.

“Satu-satunya cara terbaik mengatasi masalah akustik adalah mengganti jendela. Sebagian besar perusahaan jendela memiliki opsi panel ganda, beberapa bahkan memiliki panel rangkap tiga. Semakin banyak panel yang Anda tambahkan, semakin tinggi pengurangan suara," jelasnya. 

Baca juga: Cara Terbaik Mendekorasi Kamar Tidur Kecil Tampak Luas 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com