Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mendorong Kucing Peliharaan Minum Air Lebih Banyak

Kompas.com - 29/05/2022, 21:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hill's Pet

JAKARTA, KOMPAS.com – Air merupakan kebutuhan esensial bagi semua makhluk hidup, termasuk kucing. Air tidak hanya mencegahnya kucing dari dehidrasi, tapi juga menjaga kesehatannya. 

Kucing dapat bertahan hidup dengan jumlah air yang lebih sedikit daripada hewan lainnya serta memiliki dorongan rasa haus yang rendah sehingga tidak sering untuk minum. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Mengatasi dan Mencegah Kucing Dehidrasi

Meski demikian, bukan berarti tidak perlu memperhatikan dan memberikan air pada kucing peliharaan. Bagaimana pun air merupakan kebutuhan penting bagi kucing.

Disadur dari Hill’s Pet, Minggu (29/5/2022), kekurangan cairan pada kucing bisa menyebabkannya dehidrasi dan mengalami sejumlah masalah kesehatan. 

Perlu diketahui, dehidrasi dapat menyebabkan masalah kandung kemih dan penyakit saluran kemih, termasuk penyakit ginjal dan penyakit saluran kemih bagian bawah.

Selain itu, peradangan kandung kemih atau sistitis, tumor, kandung kemih pecah, dan batu. Batu kandung kemih merupakan kondisi yang mengancam jiwa karena menyebabkan penyumbatan uretra.

Baca juga: Kenali, Ini Tanda-tanda Kucing Mengalami Dehidrasi

Jika air yang tersedia tidak cukup segar dan bersih atau tidak tersedia air sama sekali, mungkin itu yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.
SHUTTERSTOCK/JACK_PHOTO Jika air yang tersedia tidak cukup segar dan bersih atau tidak tersedia air sama sekali, mungkin itu yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.

Ada beberapa cara mengetahui apakah kucing peliharaan mengalami dehidrasi atau tidak, salah satunya mencubit kulitnya sembari menariknya dengan lembut ke atas.

Apabila kulitnya tidak kembali ke posisi normalnya dengan segera, kemungkinan sahabat bulu mengalami dehidrasi.

Kemudian, perhatikan pula tanda-tanda kucing seperti terengah-engah, depresi, kurang nafsu makan, mata cekung, mulut kering, lesu meningkat, serta peningkatan detak jantung. 

Baca juga: Ragam Perawatan yang Perlu Dilakukan Ras Kucing Berbulu Panjang

Jumlah air yang dikonsumsi kucing peliharan bergantung pada ukuran, tingkat aktivitas, kesehatan, dan dietnya. Namun, umumnya jumlah air yang dibutuhkan kucing berada pada kisaran 147-295 mililiter per hari. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendorong kucing rajin minum atau minum lebih banyak seperti berikut ini. 

Perhatikan lokasi mangkuk 

Ilustrasi kucing minum air. PIXABAY/RIHAIJ Ilustrasi kucing minum air.

Lokasi sangatlah penting. Taruh beberapa mangkuk air di sekitar rumah dan area dengan lalu lintas manusia yang rendah.

Jangan taruh mangkuk air di dekat kotak pasir karena dapat membuat sahabat bulu merasa tidak nyaman serta berhenti makan, minum, dan menggunakan kotak pasir. 

Baca juga: 7 Fakta Unik Kucing Siam yang Eksotis dan Penuh Sejarah 

Ketahui air yang disukai kucing  

Beberapa kucing sangat memperhatikan jenis air yang diminumnya, Jika kucing peliharaan suka air dingin, letakkan beberapa es batu atau tuangkan air es ke dalam mangkuknya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com