Kompas.com - 24/05/2022, 19:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Air merupakan kebutuhan atau nutrisi penting yang harus dipenuhi setiap makhluk hidup demi menjaga kesehatannya, termasuk kucing.

Sama dengan manusia, kekurangan cairan atau air dapat menyebabkan kucing mengalami dehidrasi

Baca juga: Studi Ungkap Kucing Bisa Mengenali Nama Kucing Lain di Lingkungannya

Disadur dari Fetch by WebMD, Selasa (24/5/2022), air juga penting untuk membantu  sirkulasi, pencernaan, dan pembuangan kotoran kucing.

Karena itu, kucing yang mengalami dehidrasi harus segera mendapat kebutuhan cairan yang cukup. 

Kucing membutuhkan sekitar 88-118 mililiter (ml) air per 2,2 kilogram (kg) berat tubuhnya setiap hari. Untuk kucing dengan bobot 4,5 kilogram, memerlukan kebutuhan cairan antara 207-266 militer air setiap hari. 

Baca juga: Ragam Penyebab Kucing Makan Terlalu Cepat dan Cara Mengatasinya

Namun, kebutuhan cairan ini tidak hanya diperoleh dari minum, tetap juga bisa dari makanan. Misalnya, kucing peliharaan yang sering memakan makanan basah, tidak memerlukan banyak minum air karena sudah mengonsumsi air saat makan.

Perlu diketahui, makanan basah mengandung air hingga 80 persen. Sementara itu, kucing yang mengonsumsi makanan kering tidak banyak memperoleh air dari makanannya sehingga perlu mendapat kebutuhan cairan dari minuman.

Baca juga: Kenali, Ini Tanda-tanda Kucing Mengalami Dehidrasi 

Cara mengatasi kucing dehidrasi 

Ilustrasi kucing obesitas, ilustrasi kucing gemuk.SHUTTERSTOCK / OlegDoroshin Ilustrasi kucing obesitas, ilustrasi kucing gemuk.

Dehidrasi sering kali menjadi tanda dari kondisi medis serius pada kucing. Jika menduga sahabat bulu mengalaminya, segera membawanya ke dokter hewan.

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan  membantu mengatasi kucing yang dehidrasi sebelum membawanya ke dokter hewan seperti berikut. 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Menatap Pemiliknya yang Sedang Tidur

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.