Kompas.com - 17/05/2022, 11:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai dengan namanya, kucing Siam adalah keturunan dari kucing yang lahir di Siam atau Thailand modern. Tidak ada yang tahu bagaimana kucing ramping itu sampai ke pantai Amerika pada akhir abad ke-19.

Namun, berkat sifatnya yang ramah, tubuh yang lentur, mata berwarna biru, dan bulu berwarna krem, kucing Siam menjadi salah satu ras kucing paling dicintai di dunia. 

Sama dengan ras kucing lain, kucing Siam memiliki banyak keunikan yang membuat berbeda dan spesial. Nah, dikutip dari Mental Floss, Selasa (17/5/2022), berikut sejumlah fakta unik kucing Siam

Baca juga: 10 Ras Kucing Berumur Panjang, dari Siam sampai Sphynx

Ras kucing tertua

Ilustrasi kucing Siamese Unsplash/Alex Meier Ilustrasi kucing Siamese
Seperti kebanyakan ras kucing, asal-usul asli kucing Siam diselimuti misteri. Beberapa orang mengatakan kucing Siam adalah hewan peliharaan bangsawan, sementara yang lain percaya bahwa kucing ini dibesarkan biksu Buddha.

Namun, sebuah manuskrip Thailand yang disebut Tamra Maew atau "Puisi Buku Kucing" memberikan gambaran awal tentang kucing Siam di negara itu.

Karya itu diproduksi antara abad ke-14 dan ke-18. Ini menunjukkan bahwa kucing Siam adalah ras kucing yang sangat tua meski tidak tahu dari mana asalnya. 

Baca juga: Mengenal Kucing Siamese yang Bawel dan Lincah

Presiden AS pernah memiliki kucing Siam 

Bagaimana kucing Siam masuk ke Amerika hingga ada sampai sekarang tidak diketahui jelas.

Namun, sumber yang benar-benar menempatkan kucing Siam di peta adalah ketika Konsul AS David Stickles, diplomat di konsulat Bangkok, memberi istri Presiden AS Rutherford B. Hayes, Lucy, seekor kucing Siam bernama Siam pada akhir 1870-an.

"Saya telah mengambil kebebasan untuk memberikan Anda salah satu spesimen kucing Siam terbaik yang pernah saya dapatkan di negara ini," tulisnya kepada Ibu Negara. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Kucing Ragdoll, dari Suka Dimanja hingga Hidup Lama

Ini disebut sebagai upaya pertama yang pernah dilakukan untuk mengirim kucing Siam ke Amerika. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.