Kompas.com - 16/05/2022, 20:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan (startup) agroteknologi CROWDE, menjadi salah satu pembicara pada program The Grow Asia Digital Learning Series yang diselenggarakan oleh Padang & Co beberapa waktu lalu.

Acara ini menyatukan para pemimpin perusahaan, perusahaan rintisan agritech, praktisi pembangunan, dan pendukung ekosistem untuk belajar tentang teknologi yang muncul dan mengungkap peluang untuk solusi digital terukur dan berdampak yang dapat diadopsi oleh petani kecil di Asia Tenggara.

Program The Grow Asia Digital berkontribusi pada misi untuk membangun kemitraan regional dan negara untuk menjadi perantara solusi berbasis pasar untuk sistem pangan yang lebih inklusif, tangguh, dan berkelanjutan di Asia Tenggara.

Baca juga: Petani Tembakau Bermitra dengan Perusahaan, Ini Manfaatnya

Ilustrasi sawah. PIXABAY/PEXELS Ilustrasi sawah.

Pada tahun 2022, program ini diadakan secara daring dengan tujuan terus mengeksplorasi lebih banyak topik dan mendatangkan mitra baru untuk berbagi pengalaman dan keahlian dari para perintis perusahaan agriteknologi.

Menurut Laporan Investasi AgriFoodTech 2022, adanya pemberian investasi pada teknologi pangan pertanian sebanyak 51,7 miliar dollar AS pada tahun 2021, meningkat 85 persen dibandingkan tahun 2020.

Oleh karena itu, Smallholder AgriTech Southeast Asia Landscape berfokus pada teknologi berdampak tinggi yang berpotensi meningkatkan produktivitas, profitabilitas, dan keberlanjutan rantai nilai petani kecil.

Perusahaan rintisan dapat memberi petani akses yang lebih baik ke informasi agronomi, pasar, kredit, dan input, meskipun pelanggan akhir mereka belum tentu petani kecil.

Baca juga: Pemberdayaan Petani Jahe Lewat Instrumen Investasi Ini

Sejak tahun 2020, Grow Asia telah mengidentifikasi lima model bisnis agritech utama di Asia Tenggara, yakni Farmer Advisory, Peer-to-Peer Lending, Traceability, Digital Marketplaces dan Mechanization Platforms, untuk memberikan perhatian khusus pada kemajuan startup yang menyediakan solusi ini.

“CROWDE sebagai salah satu platform agriteknologi di Indonesia dapat berbangga karena menjadi salah satu pembicara dalam webinar yang mengangkat tema tentang pertanian dan model bisnis bagi petani-petani dan produsen kecil," kata Fika Rahimah, CEO CROWDE dalam siaran pers, Senin (16/5/2022).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.