Kompas.com - 16/05/2022, 17:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias tidak hanya digunakan di ruang keluarga untuk memberikan kesegaran dan mengurangi stres, tetapi juga kamar tidur

Memasukkan tanaman ke kamar tidur dapat membantu meningkatkan produktivitas dan suasana hati, mengurangi stres, memberi ketenangan, serta membantu tidur lebih cepat. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Bisa Mempercantik Sudut Ruangan

Selain itu, banyak tanaman juga dapat membantu menghilangkan zat berbahaya seperti formaldehida dan benzena serta menyaring dan membersihkan udara.

Namun, saat memasukkan tanaman ke kamar tidur, pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik dan membersihkan tanaman secara teratur agar bebas debu.

Dilansir dari Country Living, Senin (16/5/2022), berikut tanaman hias yang dapat meningkatkan relaksasi dan memurnikan udara di kamar tidur.  

Baca juga: 5 Cara Menata Kamar Tidur Kecil agar Tidak Mudah Berantakan

Lidah mertua 

Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIO Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan.
Lidah mertua menjadi tanaman hias yang semakin populer selama bertahun-tahun. Tanaman lidah mertua dapat memurnikan udara pada siang dan malam hari sehingga menjadikannya teman yang baik saat Anda tidur.

Tanaman lidah mertua juga minim perawatan. Tanaman ini hanya membutuhkan cahaya tidak langsung yang terang dan cukup menyiram tanaman setiap dua minggu

Evie Lane, ahli berkebun di pusat taman Primrose, menyarankan menyiram lidah mertua setiap dua minggu saat tanah benar-benar kering untuk mencegah penyiraman yang berlebihan dan pembusukan akar. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Dapat Menoleransi Cahaya Rendah di Dalam Ruangan 

Lavender

Sifat relaksasi yang dimiliki membuat lavender menjadi pilihan tepat untuk kamar tidur. Beberapa penelitian menemukan lavender dapat meningkatkan kadar melatonin, yang pada gilirannya mendukung tidur malam yang lebih baik.

Penelitian lain mengungkapkan lavender membantu membawa tidur dengan menenangkan sistem saraf pusat. "Memungkinkan Anda untuk jatuh ke dalam 'gelombang lambat' atau 'tidur nyenyak',” jelas Evie.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.