Kompas.com - 16/05/2022, 18:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehadiran warna pada ruangan dapat membuatnya terlihat lebih hidup dan memiliki nuansa tersendiri.

Untuk warna biru, misalnya, dapat memberi nuansa tenang yang mampu membantu seseorang merasa lebih rileks ketika sedang berbaring di tempat tidur.

Baca juga: Tips Feng Shui Pencahayaan Kamar Tidur, Jangan Pakai Lampu Warna Merah

Sementara itu, hitam dan putih dapat membuat kamar tidur memiliki tampilan elegan serta modern.

Untuk membuat kamar tidur menjadi lebih hidup dengan warna, ada berbagai cara yang bisa dilakukan seperti dilansir dari Homes to Love, Senin (16/5/2022). 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Manfaatkan furnitur dan benda dekoratif

Kamu dapat menggunakan warna dasar yang netral untuk dinding dan ubah tampilan kamar tidur dengan memanfaatkan barang-barang di dalamnya seperti kursi, karpet, atau karya seni. 

Warna netral seperti putih, abu-abu, atau krem cocok dengan setiap warna yang ada di kamar tidur. Kombinasikan dengan pola dan tekstur yang berbeda untuk menambahkan kedalaman.

Untuk tekstur, karpet merupakan cara sederhana untuk menambahkan semburat warna dalam kamar tidur secara cepat. Pilih karpet dengan material dan desain pola yang tepat.

Sedangkan untuk furnitur, pilih yang memiliki warna cerah guna membawa sentuhan pribadi ke dalam ruangan. Kamu dapat mengubah kain pelapis tempat duduk atau mengecat ulang laci atau lemari.

Baca juga: 8 Tips Membuat Kamar Tidur Tampak Estetik

Hadirkan tanaman hias

Ilustrasi tanaman hias di kamar tidur.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi tanaman hias di kamar tidur.

Umumnya, orang-orang menaruh tanaman hias di ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, atau dapur. Namun, tanaman hias juga bisa diletakkan di kamar tidur. 

Letakkan rangkaian bunga potong di dalam vas atau tanaman hias dalam pot. Bentuk dan tekstur organik dari tanaman dapat melengkapi dan mempercantik kamar tidur. 

Baca juga: 8 Ide Desain Kamar Tidur Anak Minimalis, Bersih dan Nyaman

Gunakan dekorasi dinding

Dekorasi dinding tidak hanya menambahkan warna dan membuat kamar tidur menjadi lebih hidup, tapi juga memberi sentuhan akhir yang bergaya pada ruangan.

Kamu dapat memilih dekorasi dinding berupa karya seni digital yang dicetak atau lukisan abstrak kaleidoskopik. Seni adalah cara elegan untuk membawa warna ke dalam ruangan yang netral.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.